Gempa Pacitan M 5.0, Warga: Kami Sudah Terbiasa

Gempa tidak berpotensi tsunami

Pacitan, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 mengguncang Pacitan, Jawa Timur pada hari ini, 7 Mei 2024, pukul 10:34:59 WIB. Gempa ini terjadi di 73 kilometer barat daya Pacitan dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data BMKG, gempa tersebut berada di kedalaman 24 km. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. Masyarakat juga diimbau untuk tidak memasuki bangunan yang sudah rusak akibat gempa.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Erwin Andriatmo saat dihubungi melalui sambungan telepon membenarkan peristiwa gempa tersebut. 

"Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan atau dampak yang masuk ke- BPBD ya, petugas kami saat ini tengah mengumpulkan informasi. Bila ada sampak dan kerusakan akan segera kami sampaikan," kata Erwin," Selasa (07/05/2024). 

Sementara itu Priyo, warga Pacitan mengaku bagi warga Pacitan hal seperti ini sudah terbiasa. 

"Kami sebagai warga Pacitan telah terbiasa gempa seperti ini. Bahkan hari hari selalu ada gempa, kali ini meski yang disampaikan BMKG 5.0 tidak begitu kuat kami rasakan di kota," ujarnya. 

Kerusakan dan dampak di kota Pacitan juga tidak ada. Ia berharap tidak ada gempa susulan lagi. 

"Kami sudah terbiasa, masyarakat juga beraktifitas seperti biasa juga. Artinya tidak ada kepanikan atau kekhawatiran sama sekali," pungkasnya.

Baca Juga: Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Terasa hingga Bantul 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya