Begini Penampakan Ujian SIM C Terbaru di Magetan

Hilang angka 8 timbul S

Mgetan, IDN Times - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Magetan, Polda Jatim, resmi mengubah sirkuit untuk ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), mulai Senin (7/8/2023). Perubahan ini dilakukan berdasarkan evaluasi dari Korlantas Polri. Korlantas menyatakan lintasan menyerupai angka delapan sebelumnya menyulitkan peserta ujian.

1. Lebar lintasan juga ditambah

Begini Penampakan Ujian SIM C Terbaru di MagetanLintasan ujian SIM C di Polres Magetan/ IDN Times/ Istimewa

Kasatlantas Polres Magetan, AKP Vista Dwi Pujiningsih mengatakan, perubahan lintasan tidak hanya pada bentuk lintasan pada sirkuit ujian praktik tapi juga lebar sirkuit mengalami penyesuaian.

Lintasan lama yang sebelumnya dengan ukuran 1,5 meter kini diperlebar menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, untuk uji pengereman panjang lintasan menjadi 20 meter dan jarak antar patok menjadi 2,5 meter. "Perubahan ini dilakukan karena banyaknya masukkan dari masyarakat bahwa ujian praktek dengan metode menyerupai angka delapan dirasa cukup menyulitkan," kata Vista.

2. Ujian diharapkan lebih berkualitas

Begini Penampakan Ujian SIM C Terbaru di MagetanLintasan ujian praktek SIM C saat ini/ IDN Times/ Istimewa

Vista menyebut perubahan lintasan ujian praktik SIM C ini merupakan langkah untuk terus meningkatkan kualitas ujian. Selain itu juga untuk memastikan keselamatan seluruh peserta ujian.

"Dengan bentuk sirkuit yang berubah menjadi huruf 'S' ini diharapkan ujian praktik SIM akan lebih mudah dilakukan oleh peserta tanpa mengurangi tingkat kesulitan yang seharusnya dihadapi dalam ujian," ucap mantab Kasat Lantas Polres Madiun Kota itu.

Selain itu, lanjut Vista, perluasan lebar lintasan adalah langkah penting untuk memberikan kesempatan lebih bagi peserta ujian untuk menunjukkan kemampuan berkendara mereka dengan lebih baik dan lebih aman.

"Dengan adanya perubahan ini, diharapkan tingkat kelulusan ujian praktik SIM dapat meningkat, sekaligus menciptakan pengemudi yang lebih terampil dan bertanggung jawab di jalan raya," jelasnya.

3. Ini harapan perubahan dari 8 ke- S

Begini Penampakan Ujian SIM C Terbaru di MagetanPenampakan lintasan ujian SIM C dari atas/ IDN Times/ Istimewa

Terakhir, layout, desain baru ini untuk menguji kemampuan peserta ujian SIM. Mulai kemampuan memahami aturan sampai kemampuan mengemudikan kendaraan juga memastikan peserta ujian selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara.

"Dengan perubahan ini kami harapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada calon pengendara motor bisa aman saat berkendara di jalan," pungkasnya.

Baca Juga: Ujian SIM C Model Baru Serempak Berlaku Nasional Mulai 7 Agustus 2023

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya