Bahagia dan Jalan Kaki, Resep Lansia di Magetan Panjang Umur

Mereka juga jadi wisudawan loh

Magetan, IDN Times - Publik dibuat heboh dengan sebuah prosesi wisuda yang dilakukan terhadap seorang nenek di Kabupaten Magetan. Ia tampak disalami oleh beberapa pejabat layaknya wisudawan di sebuah kampus. Bahkan, nenek yang belakangan diketahui bernama Suyatmi ini dianugerahi predikat wisudawan terbaik. Selain itu, Suyatmi bahkan sempat dijuluki wisudawan tertua di dunia.

Suyatmi bukanlah mahasiswa sebuah kampus, nenek berusia 95 tahun ini adalah peserta Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Ia dan beberapa warga lanjut usia atau Lansia lain mengikutinya selama lima bulan di Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Program ini dijalankan untuk mewujudkan lansia Indonesia yang tangguh, mandiri dan produktif. Selain Selantang, para Lansia juga punya rahasia agar tetap sehat dan bahagia di usia senja.

1. Tujuan utamanya adalah membuat Lansia tetap bahagia

Bahagia dan Jalan Kaki, Resep Lansia di Magetan Panjang UmurSelantang Mawar di Magetan.IDN Times/Riyanto

Koordinator Selantang Mawar Indah Desa Janggan, Paimo mengatakan ada 54 Lansia lainnya yang sekolah di tempat tersebut. Tugas utama para pengajar adalah menjaga agar para Lansia tetap bahagia di usia senja mereka. 

"Yang jelas Selantang dibuat untuk mengajari para lansia agar tidak stres pada usia senjanya. Seperti main musik nembang hingga pola pikir pola makan minum dan sebagainya," kata Paimo.

2. Mbah Suyatmi sehat dan berumur panjang, ini dia rahasianya

Bahagia dan Jalan Kaki, Resep Lansia di Magetan Panjang UmurSuyatmi saat menunjukkan sertifikat dari program Selantang. IDN Times/Riyanto

Menurut Paimo, Desa Janggan punya puluhan Lansia yang bahagia dan sehat seperti Suyatmi. Menurut dia, rahasia utama mereka adalah adalah jalan kaki. Suyatmi dan para Lansia lainya setiap hari jalan kaki kurang lebih 10 kilometer naik turun sawah.

"Saya meneliti kenapa para lansia di desa saya banyak yang umur panjang dan sehat sehat. Karena setiap hari jalan kaki 10 kilometer pergi ke ladang pergi ke sawah. Intinya jalan kaki itu kunci sehatnya," ungkapnya.

3. Suyatmi dan 54 lansia lulusan pertama Selantang

Bahagia dan Jalan Kaki, Resep Lansia di Magetan Panjang UmurSuyatmi diwisuda/ IDN Times Istimewa

Suyatmi dan 54 Lansia yang mengikuti Selantang dinyatakan lulus setalah mengenyam pendidikan selama lima bulan lamanya. Mereka diwisuda Bupati Magetan Suprawoto pada Selasa (01/08/2023) di Pendopo Surya Graha Magetan.

"Lulusan pertama Selantang di Magetan ya dari Mawar Indah ini. Total sebanyak 55 lansia dinyatakan lulus dengan nilai terbaik. Mudah mudahan setelah ini program masih berlanjut karena manfaatnya benar benar dirasakan oleh mereka," pungkas Paimo.

Baca Juga: Viral Wisudawan Tertua di Dunia Asal Magetan, Berusia 116 Tahun?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya