Seusai Insiden Viaduk, Drama "Surabaya Membara" Tetap Dilanjutkan

Pemain drama banyak yang sesak napas

Surabaya, IDN Times - Drama kolosal "Surabaya Membara" memakan korban jiwa, pada Jumat (9/11). Puluhan penonton jatuh dari viaduk karena menghindari kereta jurusan Sidoarjo-Stasuin Pasar Turi yang sedang melintas. Bahkan tiga penonton dikabarkan meninggal dunia. Selain itu, ada berbagai kejadian tak terduga yang terjadi selama acara.

Baca Juga: Polisi Pastikan 3 Penonton Drama "Surabaya Membara" Tewas

1. Banyak korban saat kereta datang

Seusai Insiden Viaduk, Drama Surabaya Membara Tetap DilanjutkanIDN Times/Reza Iqbal

Sekitar pukul 19.45 WIB saat persiapan acara, mendadak ada kereta datang. Warga Surabaya yang menonton dari viaduk Jalan Pahlawan, Surabaya sontak bingung dan berusaha menghindari kereta yang lewat.

Sebelumnya, panitia telah memperingatkan kedatangan kereta tersebut. Akibatnya, banyak orang yang terjatuh dari viaduk setinggi 5 meter itu. Belasan orang terluka dan tiga penonton dikabarkan meninggal dunia akibat insiden itu.

2. Peserta banyak yang kesurupan

Seusai Insiden Viaduk, Drama Surabaya Membara Tetap DilanjutkanIDN Times/Reza Iqbal

Seusai insiden itu, drama kolosal masih terus berjalan. Namun, saat berlangsungnya acara, banyak pemeran yang kelelahan.

"Beda banget, saat gladi bersih kemarin, jalannya luas banget. Saat acara sangat sempit, sehingga kami kekurangan oksigen," kata salah satu pemeran drama kolosal, Bagus Budi (17).

Selain itu, banyak pemain drama yang sesak napas dan ada juga yang kesurupan. "Istirahat, makan, dan minum sudah tercukupi. Saat adegan dorong-dorongan, kami benar-benar merasa sesak" tutur Bagus.

Menurut salah satu petugas medis dari RSUD Dr. Soetomo, Dewangga Fitra, kondisi pemain drama yang seperti itu dikarenakan adanya reaksi konversi. "Mereka kelelahan, kekurangan oksigen, dan badannya belum beradaptasi dengan baik dari perubahan suhu," katanya.

3. Petugas dirasa kurang dalam mengatasi masalah

Seusai Insiden Viaduk, Drama Surabaya Membara Tetap DilanjutkanIDN Times/Reza Iqbal

Untuk pagelaran tahun ini, panita dirasa kurang siap. Hal ini dibuktikan dengan kurang tegasnya panitia kepada penonton yang menonton dari viaduk rel. Panitia baru menyuruh warga turun sesaat setelah adanya korban.

"Kurang banget ini petugas medisnya, saya sudah bolak balik tiga kali dari rumah sakit," ucap Dewangga.

Baca Juga: Tragedi Maut "Surabaya Membara", KAI Sayangkan Sikap Panitia

Topik:

  • Edwin Fajerial
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya