Sedang Unggul, Ini Profil 4 Caleg DPD Wilayah Jatim

Ada Mbak Kondang Kusumaning Ayu, lur!

Pemilu 2024 yang diselengarakan pada 14 Februari kemarin berlangsung begitu meriah. Selain rakyat mencoblos pilihan calon presiden dengan visi misi yang menarik, mereka juga memiliki hak suara untuk menentukan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) masing-masing.

Di Jawa Timur sendiri terdapat 4 calon anggota DPD yang saat ini unggul dengan suara terbanyak versi hitung resmi KPU. Saat ini, jumlah suara yang sudah dihitung sendiri mencapai 61 persen. Jika unggul sampai akhir alias 100 persen kertas suara, mereka dipastikan akan melenggang ke Senayan. Seperti diketahui, jatah perwakilan DPD dari masing-masing provinsi adalah empat orang. 

Buat kamu warga Jatim, yuk kenalan lebih dekat lewat profil singkat para calon anggota DPD yang sedang unggul ini.

1. Agus Rahardjo

Sedang Unggul, Ini Profil 4 Caleg DPD Wilayah JatimAgus Rahardjo. instagram.com/@agusrahardjo_ar

Lahir pada 1 Agustus 1956 di Magetan, pria berusia 67 tahun ini merupakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke-5 dengan masa bakti 2015 sampai 2019. Lulusan Hult International Business School, Boston, USA ini merupakan satu-satunya insinyur di Indonesia yang memimpin lembaga penegakan hukum tanpa memiliki latar belakang pendidikan dan karir di bidang hukum.

Sebelum itu, ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) pada 2006. Dua tahun berikutnya ia ditunjuk sebagai sekretaris utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), hingga pada 2010 ia resmi menjadi pimpinan tertinggi LKPP.

Agus Raharjo juga pernah berkiprah dalam Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat. Ia selangkah lagi akan menjadi anggota DPD dari Jawa Timur. Hingga Sabtu (17/2/2024), pukul 13.00 WIB, Agus meraup sebanyak 1.260.269 suara.

Baca Juga: 7 Potret Jihan Fahira Ikut Pemilu DPD RI, Saingan Berat Komeng

2. La Nyalla Mahmud Mattaliti

Sedang Unggul, Ini Profil 4 Caleg DPD Wilayah JatimLa Nyalla. instagram.com/@lanyallamm1

La Nyalla merupakan pengusaha sekaligus politikus kondang yang namanya cukup tersohor di berbagai kalangan. Sepak terjangnya dalam dunia politik, membuat pria kelahiran Jakarta ini kerap kali menempati berbagai posisi yang strategis di kursi pemerintahan. 

Bahkan, pada Pemilu 2024 kali ini ia unggul dalam perolehan suara di wilayah Jatim. La Nyalla hingga Sabtu (17/2/2024) pukul 13.00 WIB mengumpulkan 1.432.656 suara. La Nyalla saat ini juga masih menjabat sebagai Ketua DPD RI periode 2019-2024.

Sebelumnya, pria lulusan Univesitas Brawijaya ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) pada Maret 2012 – Maret 2013. Kemudian menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2013 hingga 2015, lalu berlanjut sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015 sampai 2016.

Kiprahnya dalam dunia usaha juga telah mengantarkan dirinya menjadi manajer PT. Airlanggatama Nusantara Sakti, komisioner PT. Airlangga Media Cakra Nusantara, dan komisioner PT. Pelabuhan Jatim Satu.

Tak cukup sampai situ, riwayat organisasi La Nyalla juga tak dapat diremehkan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur periode 1995-1998, Dewan Pembina Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun periode 2022 sampai sekarang, dan menjabat sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur dari tahun 1993 sampai sekarang.

3. Lia Isthifama

Sedang Unggul, Ini Profil 4 Caleg DPD Wilayah JatimLia Isthifama. instagram.com/@lia_istifhama

Perempuan kelahiran Surabaya ini berhasil meraih sebanyak 236.506 suara dalam kontestasi Pemilu DPD Jatim 2024. Keponakan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ini rupanya seorang aktivis sosial yang juga berprofesi sebagai advokat, penulis, musisi, dan akademisi.

Karier dan kiprahnya dalam organisasi cukup banyak dan tak bisa dianggap enteng. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jatim periode 2019-2022. Kemudian menjadi sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim pada 2020-2022. 

Selain itu ia pernah mengisi posisi sebagai Ketua Yayasan Universitas Taurna Surabaya pada 2022, Pembina Pondok Pesantren Raudlatul Banin wal Banat Al Masykuriyah (2010), PMII Komisariat IAIN Sunan Ampel Surabaya (2003), dan pernah menduduki kursi BEM Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel Surabaya (2003).

Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair ini memiliki karya tulis yang dibukukan, diantaranya adalah Before After Tsunami Aceh: Trilogi dan Tragedi (2005), Hikmah Ramadhan: Penelusuran Hadits (2020), Beda Agama Hidup Rukun (2020), Berkisah Tentang Hati (2022), dan Membingkai Pendidikan Bangsa (2022).

4. Kondang Kusumaning Ayu

Sedang Unggul, Ini Profil 4 Caleg DPD Wilayah JatimKondang Kusumaning Ayu. instagram.com/@kondangkusumaning_ayu10

Calon anggota DPD Jatim satu ini sempat viral di berbagai sosial media karena parasnya.  Banyak pemilih mengaku menjatuhkan pilihan kepadanya karena fotonya di surat suara. Tanpa diduga, hingga Sabtu, (17/2/2024), pukul 13.00 WIB, ia sementara berhasil meraup sebanyak 1.315.150 suara.

Tak banyak sumber yang mencatat tentang sepak terjang calon anggota DPD Jatim termuda ini. Namun, ia diketahui sebagai alumni S1 Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) itu. 

 

Dari keempat calon anggota DPD RI Jawa Timur tersebut, mana jagoanmu yang visioner dan paling dapat diharapkan untuk membawa Jatim lebih unggul dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: Ini 6 Calon DPD RI Asal Riau Peraih Suara Terbanyak Sementara

Rachmaddani Rizki Saputra Photo Community Writer Rachmaddani Rizki Saputra

Jurnalis magang katanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya