Pemilu di Lapas Sidoarjo, Dapat Kopi Setelah Nyoblos

Jam memilih untuk perempuan dan laki-laki dibedakan

Surabaya, IDN Times - Sejumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sidoarjo menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 14 Februari 2024. Suasana pencoblosan di dalamnya berlangsung dengan tertib. Para warga binaan satu per satu keluar dari masing-masing posnya mengenakan seragam ke area pencoblosan.

Area pencoblosan di Lapas Sidoarjo sendiri terbagi dalam dua wilayah dengan total tiga TPS, yakni wilayah Blok A terdapat TPS 901 dan 902, sedangkan wilayah Blok B terdapat TPS 903.

Didampingi oleh penjaga lapas, warga binaan mencoblos pilihan mereka secara bergantian. Untuk warga binaan laki-laki mereka melakukan pencoblosan pada jam 08.00-10.00 WIB, lalu untuk warga binaan perempuan mereka melakukan pencoblosan pada pukul 10.00-11.00 WIB.

Uniknya, setelah mereka menunaikan hak suaranya dalam pemilu kali ini. Pihak Lapas memberi mereka secangkir kopi gratis. Salah satu warga binaan berinisial AM (34) pun mengaku sangat antusias mengikuti pemilu 2024.

"Ini hak saya sebagai warga, tentunya sangat senang karena mendapat kesempatan untuk memilih para pemimpin yang baik," ucapnya.

AM yang sudah mendekam selama 2 tahun 7 bulan di dalam Lapas, berharap kepada siapapun presiden dan pejabat daerah yang terpilih nantinya dapat mengayomi seluruh warga negara dan membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Ribuan Santri Jombang Nyoblos di TPS Lokasi Khusus Pondok Pesantren 

Rachmaddani Rizki Saputra Photo Community Writer Rachmaddani Rizki Saputra

Jurnalis magang katanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya