Puluhan Kambing di Pacitan Mati, Warga Melakukan Ronda  

Diduga diserang hewan buas

Pacitan, IDN Times - Warga di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan mengaktifkan ronda sejak beberapa malam terakhir. Bukan karena rawan tindak kriminalitas, namun menjaga kambing dari serangan yang mengakibatkan kematian.

Kepala Dinas Pertanian setempat Bambang Supriyoko mengatakan bahwa jumlah hewan ternak yang mati, hingga kini lebih dari 40 ekor. Belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun diduga karena diserang hewan buas. Sebab, ditemukan sejumlah luka robek pada tubuh kambing.

1. Melibatkan beberapa pihak untuk menanggulangi

Puluhan Kambing di Pacitan Mati, Warga Melakukan Ronda  Kambing di Kabupaten Pacitan mati yang diduga diserang hewan buas. Dok.IDN Times/Istimewa

Dari hasil pengecekan yang dilakukan petugas Dinas Pertanian, UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Timur. Adapun hasilnya diketahui terdapat beberapa luka robek di tubuh kambing milik sejumlah warga Desa Klesem, Katipugal, dan Kalipelus, Kecamatan Kebonagung.
"Dugaannya karena diserang anjing hutan yang turun dari perbukitan untuk mencari makan," ujar Bambang saat dihubungi melalui telepon seluler, Sabtu (25/1).

2. Kandang diminta lebih dekat dengan permukiman

Puluhan Kambing di Pacitan Mati, Warga Melakukan Ronda  Kambing milik warga Kabupaten Pacitan mati yang diduga akibat diserang hewan buas. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut dia, saat ini curah hujan di wilayah Kecamatan Kebonagung, Pacitan masih rendah. Kondisi ini disinyalir mengakibatkan stok makanan di kawasan perbukitan (habitat hewan buas) menipis. Hingga akhirnya, binatang liar menyasar kandang kambing di ladang warga yang jauh dari permukiman.
Untuk menghindari bertambahnya kambing yang mati, pihak Dinas Pertanian berharap agar warga memindahkan kandang dengan lokasi yang berdekatan dengan permukiman. Pemindahan ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan terhadap kambing yang menjadi incaran hewan liar.

3. CCTV juga dipasang di dekat kandang

Puluhan Kambing di Pacitan Mati, Warga Melakukan Ronda  Sejumlah warga di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan sedang ronda untuk mengantisipasi serangan hewan buas terhadap kambing. Dok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, warga berinisiatif melakukan ronda. Jika sewaktu - waktu mengetahui hewan liar yang masuk kandang hewan ternak akan segera diatasi. Upaya ini melibatkan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin). 

"Juga BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Timur Wilayah I Madiun dan sejumlah pihak lain yang terkait termasuk BPBD dan TNI" ujar Bambang sembari menyatakan bahwa berdasarkan informasi yan diterima CCTV atau kamera pantau juga sengaja dipasang di dekat kandang kambing. 

Baca Juga: Musim Hujan, Jalur Utama Pacitan - Ponorogo Rawan Longsor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya