Muhadjir Kembali Masuk Kabinet, Keluarga di Madiun Merasa Bangga 

Setelah Mendikbud menjadi Menko PMK

Madiun, IDN Times - Muhadjir Effendy ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pelantikan Muhadjir bersama menteri yang lain berlangsung di Jakarta, Rabu (23/10).

Jabatan sebagai pembantu presiden sudah dua kali dipegang Muhadjir. Pada masa pemerintahan Jokowi periode pertama, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sejak pertengahan 2016. Ia menggantikan Mendikbud sebelumnya, Anies Baswedan.
Pada masa pemerintahan Jokowi periode kedua (2019-2024), Muhadjir ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Pihak keluarga pun angkat bicara.

1. Pihak keluarga bersyukur

Muhadjir Kembali Masuk Kabinet, Keluarga di Madiun Merasa Bangga Rumah masa kecil dan remaja Muhadjir Effendy di Dusun Mojorejo, Desa Klitik, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Kamis (24/10). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Di mata keluarga, ditunjuknya Muhadjir untuk kedua kalinya sebagai meneteri merupakan suatu anugerah. Apalagi, dalam periode kedua pemerintahan Jokowi ini, ia 'naik pangkat.
"Alhamdulillah beliau kembali dipercaya menjadi menteri. Sekarang justru lebih tinggi dibandingkan sebelumnya," kata Komsiyah, kakak ipar Muhadjir saat ditemui di kediamannya yang masuk wilayah Dusun Mojorejo, Desa Klitik, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Kamis (24/10). Rumah Komsiyah berada di samping kediaman Muhadjir sewaktu masih kecil hingga remaja.

2. Didoakan senantiasa sehat dalam menjalankan tugas

Muhadjir Kembali Masuk Kabinet, Keluarga di Madiun Merasa Bangga Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy. IDN Times/Margith Juita Damanik

Perempuan berusia 58 tahun itu berharap agar Muhadjir senantiasa diberikan kesehatan. Sehingga dapat menjalankan tugas yang diamanahkan kepadanya. Dengan demikian, mampu membantu presiden untuk membangun negeri terutama dalam bidang kerja Menko PMK. 

"Pihak keluarga hanya bisa berdoa yabg terbaik bagi beliau. Apalagi, beliau juga orang yang baik," ungkap Komsiyah kepada IDN Times

Baca Juga: Jadi Menko PMK, Muhadjir Effendy Ngaku Terlanjur Nyaman di Kemdikbud

3. Sering berkunjung ke tetangga ketika pulang kampung

Muhadjir Kembali Masuk Kabinet, Keluarga di Madiun Merasa Bangga ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

Ia lantas mencontohkan kebiasaan yang sering dilakukan Muhadjir. Istri Aspahani (kakak kandung Muhadjir) ini menyatakan Muhadjir sering bersilaturahmi kepada saudara dan tetangga di Dusun Mojorejo. Hal ini dilakukan setiap kali mampir atau memang bertujuan pulang kampung. 

" Saat (Muhadjir) pulang, tetangga juga didatangi ke rumah. Kalau pas kumpul dengan keluarga besar, orangnya suka bercanda," ungkap perempuan itu.

Baca Juga: Muhadjir Serah Terimakan Jabatan Mendikbud kepada Nadiem Makarim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya