Mudik Dilarang, 14 Ribu Tiket Kereta Api Dibatalkan di Daop Madiun

Pembatalan via daring lebih diprioritaskan

Madiun, IDN Times - Sebanyak 14.673 tiket perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun dibatalkan sejak tanggal 1 hingga 29 April 2020. Proses pembatalan dilakukan secara online atau daring maupun offline

"Untuk pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access dan yang offline  mendatangi stasiun," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Rabu (29/4).

1. Tiga hari setelah pembatalan uang calon penumpang ditransfer

Mudik Dilarang, 14 Ribu Tiket Kereta Api Dibatalkan di Daop MadiunSuasana di Stasiun Madiun lengang seiring dengan pembatalan perjalanan kereta jarak jauh. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut dia, khusus untuk pembatalan tiket secara online pihak PT KAI lebih cepat mengembalikan uang. Jika prosesnya selama 45 hari kerja, maka kali ini hanya tiga hari setelah pembatalan dilakukan.

Program itu berlaku untuk pembatalan sejak Kamis 30 April 2020 hingga 4 Juni 2020. Terutama bagi keberangkatan selama masa angkutan Lebaran yang dimulai pada 14 Mei sampai dengan 4 Juni 2020.

2. Mengurangi risiko kontak langsung

Mudik Dilarang, 14 Ribu Tiket Kereta Api Dibatalkan di Daop MadiunRuang tunggu di Stasiun Madiun sepi setelah diterapkan pembatasan interaksi sosial akibat virus corona. Dok.IDN.Times. Istimewa

Percepatan pengembalian uang pembatalan tiket perjalanan secara online dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19. Terutama tentang physical distancing. "Agar tidak bepergian ke stasiun dan mengurangi kontak secara langsung," ujar Ixfan. 

Dengan demikian, para calon penumpang diharapkan  menginstal aplikasi KAI Access melalui telepon selulernya. Data diri, seperti nama, nomor identitas, dan nomor rekening bank wajib dibubuhkan dalam menu pembatalan. Setelah terkirim, nantinya uang pengembalian akan ditransfer ke rekening bank milik calon penumpang bersangkutan. 

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona PT KAI Daop Madiun Pasang Hand Sanitizer 

3. Sebanyak 48 perjalanan kereta telah dibatalkan

Mudik Dilarang, 14 Ribu Tiket Kereta Api Dibatalkan di Daop MadiunSuasana di Stasiun Madiun lengang setelah ditetapkannya pembatalan perjalanan kereta jarak jauh. Dok.IDN Times/Istimewa

Pembatalan tiket perjalanan ini diberlakukan seiring dengan ditetapkannya larangan mudik oleh pemerintah. Di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun sebanyak 48 perjalanan kereta dibatalkan baik yang berangkat maupun melintas.

Sebanyak 40 perjalanan dari Daop lain dan delapan dari Daop 7 Madiun. Adapun kereta ya, seperti Anjasmoro relasi Jombang - Pasarsenen dan sebaliknya, Singasari relasi Blitar - Pasarsenen dan sebaliknya juga Brantas relasi Blitar - Pasarsenen, dan sebaliknya. 

Baca Juga: Dampak COVID-19, Perjalanan 2 Kereta Api yang Lewat Daop 7 Dibatalkan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya