Meski Tidak Meledak, Jajanan Ice Smoke Bisa Bakar Kulit 

Aneh-aneh aja jajanan zaman sekarang

Ponorogo,IDN Times - Kepala Program Studi (Kaprodi) Farmasi Akademi Analis Farmasi dan Makanan Akafarma Sunan Giri Kabupaten Ponorogo, Nasruhan Arifianto angkat bicara terkait luka bakar yang dialami Ahsan Farid Trisnanto (5), warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo. 

Bocah laki-laki itu mengalami luka bakar setelah membeli jajanan 'ice smoke' atau es kebul. Makanan kecil yang diletakkan di mangkuk itu disemprot zat kimia yang diduga nitrogen cair. Permukaan snack itu nampak mengeluarkan asap. "Kalau untuk nitrogen meledak, kemungkinannya kecil," kata Nasruhan, Kamis (14/7/2022).

1. Saat kondisi nitrogen dingin bisa melukai kulit

Meski Tidak Meledak, Jajanan Ice Smoke Bisa Bakar Kulit Kondisi pasien anak yang mengalami luka bakar setelah membeli jajanan 'ice smoke' yang tengah dirawat di RSU Muslimat, Kabupaten Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Nitrogen, ia melanjutkan, dapat terbakar jika tercampur dengan gas kimia lain. Namun, hal itu kemungkinannya kecil lantaran disemprotkan pada makanan untuk dikonsumsi. "Nitrogen kalau dimakan tidak banyak memberikan efek, tapi kalau dihirup terus menerus bisa bahaya bagi pernafasan," ujar Nasruhan.

Namun demikian, gas nitrogen dalam kondisi dingin dapat melukai kulit. Efeknya seperti halnya luka bakar. 

2. Polisi sempat selidiki kejadian ini

Meski Tidak Meledak, Jajanan Ice Smoke Bisa Bakar Kulit RSU Muslimat yang menjadi tempat perawatan seorang anak yang mengalami luka bakar akibat ice smoke atau es kebul. Dok.IDN Times/Istimewa

Peristiwa yang menimpa Ahsan Farid Trisnanto juga diselidiki petugas Satreskrim Polres Ponorogo. Kanit Resmob polres setempat, IPDA Guling Sunaka mengatakan bahwa kedua belah pihak, yakni pembeli maupun penjual 'ice smoke' telah sepakat berdamai.

"Kami mengimbau agar penjual lebih hati-hati agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi," ujar dia.

Baca Juga: Bocah di Ponorogo Alami Luka Bakar Setelah Beli 'Ice Smoke'

3. Sebagian tubuh korban yang terbakar diperban

Meski Tidak Meledak, Jajanan Ice Smoke Bisa Bakar Kulit Seorang pasien anak sedang menjalani perawatan karena luka bakar di RSU Muslimat, Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, luka bakar yang dialami korban pada sebagian wajah, pipi kanan dan kiri, mulut, leher, dada, lengan kiri, dan dua jari di tangan kiri. Sakit yang diderita itu setelah jajanan 'ice smoke' atau 'es kebul' yang dibeli di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Ponorogo, Selasa (12/7/2022).

Karena luka bakar itu, sebagian anggota tubuh Ahsan diperban. Hingga kini, ia masih dirawat di RSU Muslimat Kabupaten Ponorogo. 

Baca Juga: Bahayanya Ice Smoke, Jajanan Disiram Nitrogen Cair

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya