Madiun Punya Kampus Baru, Unmuh Segera Didirikan

Gak usah jauh-jauh ke luar kota kalau kuliah

Madiun, IDN Times - Warga di Madiun dan sekitarnya yang hendak meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi kini memiliki alternatif pilihan kampus lebih banyak. Jika sebelumnya ada Universitas PGRI Madiun (Unipma), Universitas Merdeka (Unmer), Universitas Widya Mandala, (UWM), Politeknik Negeri maka dalam waktu dekat akan hadir Universitas Muhammadiyah (Unmuh).

Universitas baru yang direncanakan itu merupakan penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) dan Akademi Kebidanan Muhammadiyah. Hingga kini, tahapan pendirian Unmuh masih masih evaluasi lapangan oleh Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

1. Sebagian prodi belum ada di kampus lain

Madiun Punya Kampus Baru, Unmuh Segera DidirikanDok.IDN Times/Istimewa

Ketua tim teknis pendirian Unmuh Madiun, Sutomo, mengatakan bahwa proses administrasi diperkirakan membutuhkan waktu dua bulan. Adapun prodi yang disiapkan adalah Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Kebidanan, Ilmu Kesehatan, Administrasi Kesehatan, Ilmu Lingkungan, dan Bio Kewirausahaan.
Sebagian di antaranya merupakan prodi baru yang belum dibuka di STISIP maupun Akbid Muhammadiyah. "Kami sengaja mengambil prodi yang belum banyak di Kota Madiun," ujar Sutomo saat presentasi dan evaluasi lapangan oleh Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti di Islamic Center Madiun, Jum’at (27/9).

2. Gedung yang sudah ada digunakan sebagai kampus

Madiun Punya Kampus Baru, Unmuh Segera DidirikanDok.IDN Times/Istimewa

Karena menggabungkan dua lembaga pendidikan tinggi yang ada sebelumnya, ia melanjutkan, sebagian gedung yang disiapkan untuk kampus juga sudah tersedia. Adapun lokasinya di wilayah Kota Madiun, yakni gedung STISIP di Jalan Panjaitan (kampus 1), gedung Akbid di ring road (kampus 2), Islamic Center di Jalan Sumatera (kampus 3), dan Jalan Poncowati (kampus 4).

Menurut Sutomo rencana pendirian Unmuh di Kota Madiun merupakan kepedulian Muhammadiyah terhadap dunia pendidikan. Bagi warga yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lebih banyak pilihan dibandingkan saat ini. 

3. Bertambahnya perguruan tinggi diharapkan memajukan kota

Madiun Punya Kampus Baru, Unmuh Segera DidirikanDok.IDN Times/Istimewa

Wali Kota Madiun Madiun menyambut baik dengan rencana pendirian Unmuh Madiun. Menurut dia, dengan semakin banyak kampus yang bermunculan dapat berdampak positif pada peningkatan ekonomi warga Kota Madiun. Warga, misalnya dapat membuka tempat kos maupun membuka warung makan bagi mahasiswa. 

"Kalau semakin banyak perguruan tinggi yang berkualitas akan semakin memajukan Kota Madiun seperti halnya Kota Malang," ujar Maidi. 

Baca Juga: 6 Kampus Ilmu Komputer Terbaik 2019 di Indonesia, Prodi Kekinian Nih!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya