Lebaran Masih Empat Bulan, PT KAI Daop Madiun Siapkan Kereta Cadangan

10 perjalanan kereta melintasi wilayah Daop tersebut

Madiun, IDN Times - Lebaran masih empat bulan lagi. Namun, PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun sudah memetakan jumlah kereta tambahan pada masa angkutan Lebaran dengan jumlah sebanyak 10 perjalanan.

Kereta sebanyak itu berangkat dari Daop 6 Yogyakarta dan Daop 8 Surabaya, serta melintas di wilayah Daop 7 Madiun. Jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak 6.896 seat per hari.

"Selain itu, kami juga menyiapkan kereta tambahan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko, Selasa (26/2).

1.Siapkan kereta lokal sebagai cadangan

Lebaran Masih Empat Bulan, PT KAI Daop Madiun Siapkan Kereta CadanganIDN Times/Bela Ikhsan

Kereta tambahan Lebaran dari Daop 7 Madiun, yaitu Brantas relasi Stasiun Blitar - Pasar Senen, Jakarta (PP); Kereta Kahuripan relasi Kiaracondong, Bandung - Blitar (atau sebaliknya). Juga, Kereta Singasari relasi Blitar - Pasar Senen (atau sebaliknya).

Untuk pemesanan tiket kereta tambahan itu baru dibuka mulai H-60 Lebaran. Karena itu, Ixfan belum bersedia merinci lebih detail tentang jadwal perjalanan kereta tambahan tersebut.

"Kalau saya sampaikan, takutnya langsung diserbu," ujar Ixfan.

2. Perjalanan kereta diprediksi meningkat 3 persen

Lebaran Masih Empat Bulan, PT KAI Daop Madiun Siapkan Kereta CadanganIDN Times/Bela Ikhsan

Meski demikian, ia menyatakan secara umum pada masa angkutan Lebaran nanti, PT KAI mengoperasikan 356 kereta reguler dan 50 kereta tambahan. Adapun jumlahnya mencapai 406 kereta yang dinyatakan mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dibanding jumlah 393 kereta pada momentum serupa tahun lalu.

Khusus di Daop 7 Madiun, perjalanan kereta api bakal padat saat masa angkutan Lebaran 2019. Sebanyak 74 kereta reguler, akan melintas dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 26.332 seat per hari, ditambah kereta tambahan lebaran sebanyak 10 dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 6.896 seat per hari.

3. Hindari penipuan diharapkan pesan tiket di loket resmi

Lebaran Masih Empat Bulan, PT KAI Daop Madiun Siapkan Kereta CadanganIDN Times/Bela Ikhsan

Untuk angkutan Lebaran, kata Ixfan, tiket kereta reguler sudah dapat dipesan sejak Senin (25/2) untuk keberangkatan 26 Mei 2019 atau H-10 Lebaran. Pemesanan dapat dilakukan di website www.kai.id, aplikasi KAI Access, dan pihak mitra resmi PT KAI.

"Supaya terhindar dari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," ujar dia kepada IDN Times.

4. H-7 Lebaran diprediksi puncak arus mudik

Lebaran Masih Empat Bulan, PT KAI Daop Madiun Siapkan Kereta CadanganIDN Times/Nofika Dian

Ixfan memprediksi, jumlah puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada Rabu (29/5) atau H-7. Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada 9 Juni 2019 atau H+3 Lebaran.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar calon pengguna jasa kereta api memastikan rencana pembelian tiket untuk mudik dan balik Lebaran. "Bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam 60 menit. Jika tidak, tiket yang dipesan akan terjual kembali," ujar Ixfan.

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya