Gunung Lawu Masih Terbakar, 10 Hektare Hutan Hangus  

Kebakaran sejak Jumat pekan lalu

Magetan, IDN Times - Sekitar 10 hektare lahan hutan di Gunung Lawu wilayah Kabupaten Magetan hangus, setelah terbakar sejak Jumat lalu (15/11). 2 hektare di antaranya berupa hutan pinus dan sisanya termasuk rimba campur.

Luasan lahan yang terbakar diprediksi bertambah, lantaran api belum sepenuhnya berhasil dipadamkan hingga Senin ini (18/11). Upaya pemadaman masih dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI Angkatan Darat, Kepolisian, Perum Perhutani, dan warga.

"Tim yang diterjunkan hari ini (Senin) sebanyak 158 personel," terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra.

1. Pemadaman pakai cara manual

Gunung Lawu Masih Terbakar, 10 Hektare Hutan Hangus  Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputro. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, titik pemadaman kali ini difokuskan di petak 52a RPH Bedagung, BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu DS. Lokasi itu memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Adapun teknik pemadaman dilakukan dengan manual, yakni gepyokan (memukul-mukulkan) ranting ke titik api. Selain itu, dengan membuat ilaran atau menumpuk daun kering untuk menghindari kobaran api meluas.

2. Pemadaman terkendala medan dan angin kencang

Gunung Lawu Masih Terbakar, 10 Hektare Hutan Hangus  Gunung Lawu tampak dari wilayah Magetan, Jawa Timur. Dok.IDN Times/Istimewa

Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu DS, Marwoto menjelaskan, teknik pemadaman itu dilakukan sejak kebakaran hari pertama. Adapun pertimbangannya karena kondisi medan yang sulit, berada di lereng Gunung Lawu. Belum lagi, titik api ada yang berada di bawah tebing.

Selain itu, akses menuju lokasi kebakaran tidak dapat dijangkau kendaraan bermotor. "Selain karena medan yang sulit, kendala kami untuk memadamkan karena angin bertiup cukup kencang," ujar Marwoto.

Baca Juga: Sekitar 700 Pendaki Ikuti Upacara HUT RI di Puncak Gunung Lawu  

3. Seluruh jalur pendakian ditutup

Gunung Lawu Masih Terbakar, 10 Hektare Hutan Hangus  Sebagian hutan di lereng Gunung Lawu wilayah Magetan terbakar pada Jumat (15/11). Dok.IDN Times/Istimewa

Kendati demikian, tim gabungan tetap berupaya memadamkan api dengan cara manual. Hingga kini, hasilnya sudah tampak dibandingkan sebelumnya. Pada Jumat lalu, asap putih tampak membumbung tinggi dari hutan Gunung Lawu.

"Sekarang masih ada titik api, tapi lebih kecil," kata Marwoto.

Sembari terus mengupayakan pemadaman api, pihak Perum Perhutani telah menutup seluruh jalur pendakian Gunung Lawu. Penutupan itu berlaku untuk seluruh jalur, yaitu Cemoro Sewu, Singolangu (Magetan); Cemoro Kandang, Candi Cetho (Karanganyar); Girimulyo (Ngawi). Semua jalur pendakian ditutup sejak Jumat sore hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Sebenarnya, jalur pendakian aman dengan jarak sekitar tujuh kilometer dari lokasi kebakaran. Tapi, tetap antisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan" tukas Marwoto.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Ditutup karena Badai

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya