Empat Korban yang Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas 

Dua di antaranya dalam posisi bergendongan

PACITAN, IDN Times - Personel gabungan dari BPBD Pacitan, Basarnas Trenggalek, TNI Angkatan Darat berhasil menemukan empat korban tanah longsor di sebuah rumah wilayah Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Sabtu pagi (8/12). Para korban yang masih satu keluarga itu ditemukan tewas tertimbun material longsor dari tebing yang amblas dan menimpa rumah tersebut.

Panji Sukarno, salah seorang anggota tim reaksi cepat BPBD Pacitan mengatakan jenazah para korban ditemukan di dua titik lokasi berbeda. Tiga di antara mereka, yaitu Sogirah (46), Bogiyem (72), dan Katminem (58) ditemukan di kamar bagian depan. Sedangkan jenazah Misgiman (62) diangkat dari ruang tamu.

Baca Juga: Bisa Menerjang Banjir! 5 Mobil yang Cocok Buat Kamu Kala Musim Hujan

1. Jenazah dua korban diketahui bergendongan

Empat Korban yang Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas Dok. IDN Times/Istimewa

Panji mengungkapkan, tiga jenazah perempuan ditemukan sekitar pukul 08.15 WIB. Personel gabungan membongkar material yang menimbun rumah dengan cara manual.

Ketika pengerukan berjarak sekitar 2-3 meter dari bagian depan rumah dua jenazah diketahui dalam posisi bergendongan.

"Ada satu korban yang diketahui lumpuh. Mungkin, sebelum kejadian salah satu korban menggendong korban lain untuk menyelamatkan diri," ujar Panji ketika dihubungi melalui ponselnya, Sabtu (8/12).

Namun, nahas tak dapat dielakkan. Tebing di belakang rumah amblas setelah hujan mengguyur deras pada Jumat (7/12) malam. Tanah pun menimbun kediaman yang didalmnya sedang ada empat orang korban.

2. Satu korban ditemukan di ruang tamu

Empat Korban yang Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas Dok. IDN Times/Istimewa

Sementara, satu korban lain, yakni Misgiman ditemukan tewas di ruang tamu sekitar pukul 10.15 WIB. Proses pencarian yang dilakukan dengan menggunakan satu unit alat berat ekskavator.

Sebab, Panji mengungkapkan petugas sempat kesulitan melakukan pencarian lantaran tebalnya timbunan tanah. Adapun ketebalannya sekitar 5-6 meter.

"Kalau untuk posisi jenazah berjarak sekitar 5 meter dari bagian depan rumah. Titik pertama kami melakukan pencarian," Panji menjelaskan.

3.Jenazah langsung dikebumikan

Empat Korban yang Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas SAR Trenggalek

Setelah ditemukan, tiga jenazah korban perempuan langsung disemayamkan di masjid dekat lokasi bencana. Jenazah direncanakan dikebumikan di tempat pemakaman umum desa setempat, sedangkan satu jenazah Misgiman, salah satu korban, Panji menuturkan, dibawa ke rumah duka di Desa Kayen, Kecamatan Kebonagung.

4. Pacitan juga diterjang banjir

Empat Korban yang Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas SAR Trenggalek

Hujan deras yang mengguyur Pacitan sejak Jumat (7/12) sore hingga Sabtu (9/11) dini hari, juga mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianita Agustinawati, mengatakan wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Kebonagung, di antaranya Desa Kebonagung, Klesem, dan Purwoasri.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Pacitan, banjir sempat menggenangi sebagian rumah warga di Desa Banjarejo, Kayen, Sukoharjo, dan Sirnoboyo. Sejumlah warga telah dievakuasi ke tempat lebih aman dengan menggunakan perahu karet.

“Prioritas penanganan adalah warga yang rentan yaitu balita dan manula (manusia lanjut usia), ujar Dianita.

Baca Juga: Pacitan Diterjang Banjir dan Longsor, Empat Orang Tertimbun Material 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya