Demi Pantau Wilayah, Ponorogo Wacanakan Pemasangan CCTV

Titik yang direncanakan di alun-alun dan perempatan jalan

Ponorogo, IDN Times – Pemkab Ponorogo mewacanakan pemasangan sejumlah kamera pengawas atau CCTV (Closed Circuit Television) di sejumlah titik yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminalitas. Lokasinya seperti di kawasan alun-alun dan beberapa perempatan jalan raya wilayah kota.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, mengatakan pemasangan CCTV itu merupakan bentuk dukungan operasional terhadap kinerja pihak terkait, seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan. Maka diharapkan mampu meningkatkan pemantauan di sejumlah lokasi. Apabila terjadi kemacetan, kecelakaan maupun tindak kriminalitas dapat ditangani lebih cepat.

1. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp200 juta

Demi Pantau Wilayah, Ponorogo Wacanakan Pemasangan CCTVIDN Times/Nofika Dian

Ipong menyatakan, jumlah CCTV yang pemasangannya masih diwacanakan itu sebanyak 10 buah. Untuk pengadaannya direncanakan bersumber dari APBD Kabupaten Ponorogo 2019. Apabila tidak memungkinkan akan diambil dari perubahan APBD tahun ini.

“Kalau sepuluh unit kan kira-kira dana yang dibutuhkan Rp200 juta. Kalau tidak di APBD ini ya PAK (Perubahan Anggaran Keuangan),’’ kata Ipong usai menghadiri Pencanangan Zona Integritas di Mapolres Ponorogo, Rabu (16/1).

2. Ingin miliki command center seperti di Surabaya

Demi Pantau Wilayah, Ponorogo Wacanakan Pemasangan CCTVIDN Times/Nofika Dian

Selain CCTV, Ipong mengungkapkan bahwa sebenarnya dia mempunyai gagasan membuat sebuah command center atau ruangan khusus untuk memantau Ponorogo melelaui CCTV. Konsep itu terinpirasi  dari Kota Surabaya yang sudah memiliki fasilitas tersebut.

Namun diakui untuk membuat fasilitas itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karena itu, masih harus direncanakan lebih lanjut dengan organisasi perangkat daerah atau intansi eksternal yang terkait

Baca Juga: Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di Ponorogo  

3. CCTV dapat membantu mengungkap kriminalitas

Demi Pantau Wilayah, Ponorogo Wacanakan Pemasangan CCTVIDN Times/Nofika Dian

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyatakan bahwa pemasangan CCTV memang memiliki fungsi penting. Ini untuk bisa memantau kondisi wilayah terkait adanya tindak kriminal atau kelancaran arus lalu lintas.

“Kalau ada CCTV, pengungkapan kasus kriminal yang terekam bisa lebih cepat dilakukan. Seperti pengungkapkan kasus peledakan bom di Surabaya beberapa waktu lalu,’’ kata dia. Waktu itu, polisi sangat terbantu dengan adanya CCTV sehingga para pelakunya bisa segera terungkap.

Baca Juga: Empat Santri yang Tenggelam di Ponorogo Ditemukan Tewas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya