Ada 331 CPNS Lolos di Kabupaten Madiun, Tunggu Verifikasi BKN 

Nama kamu salah satunya?

Madiun, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun telah rampung memasukkan data 331 CPNS yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Berkas calon abdi negara itu telah dikirim ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Pegawai (SAPN) untuk diverifikasi.

Sekretaris BKD Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto, mengatakan bahwa pihaknya juga masih menunggu hasil verifikasi BKN terhadap berkas CPNS tersebut. "Kami akan berusaha menembusi Panselnas (Panitia Seleksi Nasional), mudah-mudahan segera ada hasil," kata dia, Rabu (30/1).

1. Kemungkinan CPNS dicoret masih tetap ada

Ada 331 CPNS Lolos di Kabupaten Madiun, Tunggu Verifikasi BKN ANTARA FOTO/den/16

Pihak BKD, ia melanjutkan, belum mengetahui ada atau tidaknya CPNS yang terpaksa harus dicoret lantaran berkasnya dinila tidak cocok oleh BKN. Juga tentang teknis penggantian CPNS yang kemungkinan dicoret. "Kemungkinan lolos atau dinyatakan tidak lolos tetap ada. Tapi, yang berwenang menyampaikan adalah BKN setelah melakukan verifikasi tahap akhir," Sigit menuturkan. 

2. BKD hanya sebagai pelaksana rekrutmen CPNS

Ada 331 CPNS Lolos di Kabupaten Madiun, Tunggu Verifikasi BKN sscn.bkn.go.ig

Pihak BKD, ia melanjutkan hanya bertugas melaksanakan tes CPNS yang teknisnya ditentukan pemerintah pusat. Setelah itu, melakukan pemberkasan bagi mereka yang dinyatakan lolos SKD maupun SKB.

Dari 349 kuota CPNS di Kabupaten Madiun, kata Sigit, hanya 331 peserta ujian yang dinyatakan lolos. Ini berarti terjadi kekurangan 18 CPNS untuk mengisi seluruh lowongan yang menjadi jatah kabupaten setempat.

3. Berharap kuota terpenuhi

Ada 331 CPNS Lolos di Kabupaten Madiun, Tunggu Verifikasi BKN IDN Times/Nofika Dian

Menurut Sigit, kekurangan itu untuk beberapa formasi, di antaranya dokter spesialis, tenaga medis perawat, dan bidan. Juga formasi khusus bagi penyandang disabilitas. Selain karena tidak ada peserta tes CPNS yang tidak lolos, formasi itu tidak ada yang melamar.

"Semoga untuk yang kosong karena tidak ada yang lolos bisa terisi dengan peserta yang nilainya di bawah grade minimal. Itu kewenangan BKN," ungkap Sigit.

Baca Juga: 1.971 CPNS Jatim Siap Kerja Maret 2019, 94 Formasi Masih Kosong

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya