Comscore Tracker

Jurnalis Dituduh Lecehkan Istri Kasatlantas, Ini Kesaksian Saksi Mata

Tidak sengaja dan langsung meminta maaf

Madiun, IDN Times - Tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu jurnalis, Jumali terhadap istri Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Dwi Jatmiko, direspons oleh jurnalis lain yang juga menjadi saksi mata. Hendri Sukmana, salah seorang reporter radio lokal Kota Madiun mengatakan bahwa Jumali tidak sengaja menyentuh bagian tubuh istri perwira polisi usai upacara HUT ke-77 RI di Alun -Alun Kota Madiun, Rabu (17/8/2022).

1. Cari pegangan saat hendak terjatuh

Jurnalis Dituduh Lecehkan Istri Kasatlantas, Ini Kesaksian Saksi MataJurnalis di Madiun gelar aksi solidaritas. IDN Times/Nofika

Menurut Hendri, peristiwa terjadi saat ia bersama Jumali dan sejumlah jurnalis lain usai mewawancarai Wali Kota Madiun, Maidi. Ketika hendak meninggalkan lokasi, tiba-tiba Jumali tersandung karpet. Karena hendak terjatuh, pria berusia 42 tahun ini secara spontan mencari pegangan.Benda yang dipegang adalah pilar dekorasi.

Namun ternyata, pilar itu tak terpasang kuat. Tanpa sengaja, Jumali menyentuh bagian belakang seorang perempuan berkebaya putih. Belakangan diketahui bahwa perempua itu adalah istri Kasatlantas Polres Madiun Kota yang juga mengikuti upacara 17-an.

"Waktu itu, Jumali langsung minta maaf. Tapi, perempuan itu marah dan menanyakan identitas Jumali," ujar Hendri, Kamis (18/8/2022).

2. Permintaan maaf yang diabaikan

Jurnalis Dituduh Lecehkan Istri Kasatlantas, Ini Kesaksian Saksi MataKasatlantas Polres Madiun Kota AKP Dwi Jatmiko saat cek-cok

Permintaan maaf Jumali tidak dihiraukan. Perempuan itu justru membentak dan meminta Jumali menemui suaminya di Kantor Satlantas Polres Madiun Kota. Di tempat itu si jurnalis juga kembali mengucapkan maaf kepada Kasatlantas.

"Jumali masuk sendirian. Saya dan teman-teman menunggu di depan ruangan," ucap Hendri. Selang beberapa menit kemudian, Jumali keluar. Di depan sejumlah jurnalis, ia menyatakan sudah meminta maaf. "Tapi malah dilaporkan ke SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu)," ucap dia.

Baca Juga: Terima Remisi Bebas, Empat Narapidana di Madiun Sujud Syukur

3. Kasatlantas sempat lepas seragam saat cek-cok

Jurnalis Dituduh Lecehkan Istri Kasatlantas, Ini Kesaksian Saksi MataIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Mendengar informasi dari Jumali, sejumlah jurnalis merasa tidak terima dengan perlakuan kasatlantas dan istrinya. Mereka akhirnya mendatangi Mapolres untuk mengecek kebenaran tentang laporan yang dilayangkan Dwi Jatmiko.

Saat itulah, perdebatan antara jurnalis dengan Kasatlantas dan istrinya semakin memuncak. Video cek-cok yang tejadi akhirnya menyebar melalui media sosial. Dari rekaman audio-visual itu, Dwi Jatmikotampak membuka baju seragam yang sebelumnya dipakai.

“Tinggal dia meminta maaf sama saya sulit sekali. Jenengan tidak ada itikad baik untuk meminta maaf,” tanya Dwi kepada Jumali.

Sementara itu, Kapolres Madiun Kota, AKBP Suryono menegaskan bahwa perbuatan yang dilakukan tidak dengan sengaja maka tidak memenuhi unsur pidana. Ia menyatakan akan memanggil Kasatlantas secara personal untuk menjelaskan terkait peristiwa itu.

“Nanti akan kami panggil secara khusus yang bersangkutan (kasatlantas). Saya sebagai atasan yang bersangkutan memohon maaf adanya kesalahpahaman yang terjadi,” kata dia.

Baca Juga: Istri Tak Sengaja Disentuh, Kasatlantas di Madiun Polisikan Jurnalis

Nofika Dian Nugroho Photo Community Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya