Jelang Daftar Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Gelar Kirab Budaya

Diiringi dengan doa bersama

Surabaya, IDN Times - Menjelang pendaftaran pasangan Khofifah-Emil di  Pilgub Jatim 2024, kediaman Khofifah di Jalan Jemursari 8  Nomor 124 Surabaya dipadati oleh berbagai para relawan. Mereka menggelar kegiatan doa bersama dan dilanjut Kirab Budaya pada Rabu (28/08/2024).

Berdasarkan pantauan IDN Times, sejak pukul 06.43 WIB rumah Khofifah mulai dipadati tamu undangan yang ikut kegiatan doa bersama. Mereka mengibarkan berbagai spanduk dan bendera. Tidak hanya itu, di depan kediamannya juga berderet motor yang akan digunakan untuk Kirab Budaya sampai di Kanto KPU Provinsi Jatim.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB, Emil Dardak di kediaman Khofifah yang didampingi oleh istrinya, Arumi Bachsin. 

“Kini ada 15 partai pengusung saya dan mas Emil, pertama Partai Gerindra, Kedua Partai Golongan Karya, Partai Demokrat, Nasdem, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, PSi, Perindo, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, Partai Garuda, PKN, dan Partai Prima, yang sudah memberikan dukungan dalam bentuk surat keputusan DPT partai masing-masing sesuai dengan PKPU,” ujar Khofifah pada pembukaan Doa Bersama dan Kirab Budaya yang dilakukan di kediaman Khofifah, Jemursari, Surabaya pada Rabu (28/08/2024).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh 15 pimpinan parpol pengusung, seperti delapan parpol parlemen Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PPP, PAN, PSI dan NasDem. Serta enam parpol nonparlemen, Perindo, Partai Buruh, Garuda, PBB, PKN, Gelora dan Partai Prima.

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB, rombongan mulai berangkat menuju ke Kantor KPU Jatim. Khofifah dan Emil terpantau mengendarai motor

Mereka didampingi para relawan dengan iring-iringan karnival budaya. Partai politik pengusung dan simpatisan serta relawan juga akan ikut mengantarkan Khofifah-Emil di KPU.

"InsyaAllah ada Reog Ponorogo, Uldaul Madura, Barongsai, Remo. Ini mirip karnaval budaya," ujar Khofifah.

Adanya karnaval budaya ini, kata Khofifah, merupakan spirit yang diambil adalah keberagaman dan guyub rukun. Apalagi, ada lima subkultur budaya di Jatim. Menurutnya, karnaval budaya menggambarkan harmoni. "Karena harmoni itu kebutuhan. Kalau mau aman, pembangunan produktif ya butuh harmoni," pungkasnya.

Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak telah mendapatkan delapan formulir B1 KWK dari partai politik parlemen. Berkas tersebut akan menjadi pelengkap pendaftaran Paslon Cagub - Cawagub ke KPU Jatim.

Delapan parpol parlemen yang telah memberikan B1 KWK itu antara lain, Partai Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, NasDem dan PSI. Dengan lengkapnya rekomendasi ini, pasangan petahana itu akan mendaftar pada hari kedua pendaftaran, Rabu 28 Agustus 2024.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jatim, Aan Rochayanto yang memberikan B1 KWK ke Khofifah - Emil menegaskan akan memenangkan pasangan petahana. Target kemenangannya sebesar 70 persen.

"Perintahnya Mas Ketum (Kaesang Pangarep) menangkan calon yang kita usung. Jangan sampai kalah. Kami beserta DPD (PSI) se-Jatim siap bekerja memenangkan di Pilgub 70 persen," tegasnya.

"Kami sepakat di daerah akan mengawal dan memeriahkan acara (kampanye). Untuk ke akar rumput memastikan untuk mencobolos gubernur - wakil gubernur wagub yang kita usung," pungkas Aan.

Baca Juga: Naik Uldaul, Khofifah - Emil Daftar Paslon Gubernur-Wagub Jatim 2024

Myesha Fatina Rachman Photo Community Writer Myesha Fatina Rachman

when life is like a lemon, just make a lemonade

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya