Kunjungi Sampang, Sandiaga Dorong Pesantren Konversi Tenaga Surya

Cara pesantren hemat listrik

Sampang, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, berbicara tentang santripreneur di depan ribuan santri Pondok Pesantren Al-Ihsan, Desa Jrangoan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Minggu (20/1).  Menurutnya, pesantren bisa mengarahkan santri-santrinya untuk berwirausaha. 

Baca Juga: Bagi Tips Dekati Millennials, 10 Potret Sandiaga Uno di IMS 2019

1. Sandiaga Uno tekankan santripreneur

Kunjungi Sampang, Sandiaga Dorong Pesantren Konversi Tenaga SuryaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sandiaga mengatakan, penting bagi pesantren mengarahkan santrinya untuk memiliki keahlian di bidang tertentu lewat program santripreneur. Salah satunya di bidang pengembangan sumber listrik alternatif yaitu listrik energi matahari.

Jika ada santri yang mampu membuat alat untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik, maka pondok pesantren bisa menghemat biaya listrik yang mesti dibayar setiap bulannya. "Sebab, saya dengar, bayar listrik adalah salah satu pengeluaran terbesar di pesantren," kata dia.

2. Jika listrik hemat, Pesantren bisa gunakan dananya untuk dialihkan ke yang lain

Kunjungi Sampang, Sandiaga Dorong Pesantren Konversi Tenaga SuryaIDN Times/Musthofa Aldo

Menurut Sandiaga, jika sebagian fasilitas di pesantren telah beroperasi dengan tenaga surya, maka dia yakin bisa menghemat sekitar 40 persen dari total pengeluaran listrik tiap bulannya.

Dana hasil penghematan bayar listrik yang 40 persen itu, bisa untuk mengembangkan bidang lain, misalnya pengembangan kurikulum atau usaha pesantren.

"Pesantren harus punya perekonomian yang kuat," ujar dia.

3. Dalam sebulan, dua kali Sandiaga ke Sampang

Kunjungi Sampang, Sandiaga Dorong Pesantren Konversi Tenaga SuryaIDN Times/Musthofa Aldo

Menurut catatan IDN Times, kunjungan Sandiaga Uno ke Pesantren Al-Ihsan adalah yang kedua dalam sebulan terakhir. Sebelumnya, pada Rabu (2/1) lalu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sowan ke Pesantren At-Toriqi di Kota Sampang.

Baca Juga: Bagi Tips Dekati Millennials, 10 Potret Sandiaga Uno di IMS 2019

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya