Comscore Tracker

Hilang Saat Melaut, Kakak Beradik Bangkalan Ditemukan

Langsung dibawa ke rumah duka

Bangkalan, IDN Times - Dua nelayan Desa Ombul, Kecamatan Arosbaya, yang hilang sejak Sabtu (13/7), berhasil ditemukan tim Satpolair Polres Bangkalan, Jawa Timur, Senin, (15/7). Jasad mereka ditemukan mengambang di perairan selat Madura, tepatnya di Desa Pocogen, Desa Lajing, tak jauh dari lokasi perahu mereka ditemukan.

1. Kedua korban merupakan kakak beradik

Hilang Saat Melaut, Kakak Beradik Bangkalan DitemukanHumas Polres Bangkalan

Kedua korban yang diketahui bernama Abdul Jalil (23) dan Mustaji (25) merupakan kakak beradik. Jasad Jalil ditemukan lebih awal karena mengambang lebih dulu. Di susul jasad Matruji mengambang kemudian. "Setelah dievakuasi, langsung dibawa ke rumah duka untuk dikubur," kata Kepala Subag Humas Polres Bangkalan, AKP Suyitno.

Baca Juga: Dua Nelayan di Bangkalan Hilang, Perahunya Ditemukan Tanpa Awak

2. Penyebab tenggelam masih buram

Hilang Saat Melaut, Kakak Beradik Bangkalan DitemukanIDN Times/Musthofa Aldo

Meski telah ditemukan, namun penyebab dan bagaimana keduanya tenggelam belum bisa dipastikan. Kuat dugaan, perahu mereka dihantam ombak. Menurut cerita sejumlah nelayan, sekitar pukul 10.00 WIB di Sabtu nahas itu, ombak di perairan selat Madura sempat mengganas walau sebentar.

"Mungkin salah satunya jatuh, lalu satunya lagi mau nolong, tapi malah terbawa arus semua," tutur Umam, seorang warga Arosbaya, menduga-duga penyebab raibnya dua kakak beradik itu.

3. Kedua korban pandai berenang

Hilang Saat Melaut, Kakak Beradik Bangkalan DitemukanHumas Polres Bangkalan

Rifai, seorang nelayan kawakan di Desa Junganyar, Kecamatan Socah, mengatakan meski kakak beradik yang hilang itu adalah nelayan tulen dan pandai berenang. Namun, jika berada dalam air, apalagi arus sedang besar, daya tahan tubuh manusia tetap ada batasnya. Sehingga sangat mungkin kedua terseret arus gelombang.

"Apalagi kalau panik, maka tubuh menjadi semakin berat. Berada di air harus tenang menghadapi situasi," ungkapnya.

Baca Juga: Nelayan Hilang di Bangkalan Ternyata Kakak Beradik 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You