Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk Ini

Diungkapkan saat deklarasi JKSN di Sampang

Sampang, IDN Times - Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa, berkunjung ke Kabupaten Sampang, Selasa (28/11). Dia ke Sampang guna menghadiri silaturahmi dan deklarasi Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) di Dusun Pramaian, Desa Taman, Kecamatan Sreseh. 

Baca Juga: Khofifah Rencanakan Bangun Shelter BMI di Hong Kong, Ini Tujuannya

1. Khofifah deklarasi JKSN Sampang

Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk IniIDN Times/Musthofa Aldo

JKSN adalah salah satu jejaring penyokong pasangan capres dan cawapres Jokowi Widodo-Makruf Amin di daerah, untuk Pilpres 2019. Selain TKD dan Konsorsium kader Gus Dur. Tim ini digerakkan oleh pendukungan fanatik Khofifah - Emil Dardak pada Pilgub Jatim lalu. Tim itu dikomandani KH Asep Syaifudin Halim, Pengasuh Pondok Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. Di JKSN Kiai Asep jadi Dewan Pembina.

2. Minta kasus penembakan di Sampang diusut

Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk IniIDN Times/Musthofa Aldo

Dalam kegiatan itu, Khofifah menyampaikan prihatin atas adanya peristiwa penembakan salah seorang warga Sampang yang merupakan petugas panitia pemungutan suara yang diduga ada kaitannya dengan politik.

"Kalau betul ada kaitannya dengan politik, pastilah kita prihatin bahwa ada yang sampao menjadi korban dan menghilangkan nyawa. Saya berharap ke depan dalam membangun demokrasi tidak ad kekerasan dan ada proses menghormati dengan cara-cara yang dewasa," kata Khofifah yang merupakan Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 ini.

Wanita yang juga Ketua Dewan Pengarah JKSN ini meminta pada kepolisian untuk menindaklanuuyi proses penyidikan dan penyelidikan berikutnya. Sehingga kasus ini bisa diusut sampai tuntas.

"Hindari kemungkinan melakukan bullying antar follower kandidat. Dan haruslah komunikasi antar follower kandidat dilakukan dengan cara yang santun dan saling menghormati," tambah Khofifah.

3. Khofifah bela sungkawa kepada korban penembakan

Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk IniIDN Times/Fitria Madia

Ia juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam pada keluarga Subaidi (30), warga Desa Tamberu Timur, Kecamatan Sokobanah, Sampang yang ditembak di dada oleh seorang pria, akhirnya meninggal dunia dalam perawatan medis di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Kamis (22/11/2018), sekitar pukul 03.55 itu. 

4. Hasil survey Pilpres versi JKSN

Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk IniIDN Times/Indiana Malia

Usai deklarasi, Khofifah mengatakan deklarasi JKSN di Sampang diawali survei oleh tim. Hasilnya menyebut baru 20 persen warga Sampang yang sudah punya pilihan di Pilpres. Sementara 80 persen lainnya belum menentukan sikap, apakah dukung Prabowo atau Jokowi.

Hasil survei itulah yang jadi patokan kerja politik JKSN di Sampang. Mereka akan gencar mensosialisasikan Jokowi-Makruf Amin. Sasaran utamanya, tentu yang 80 persen itu.

"Di Sampang, swing voter Pilres masih 80 persen, jadi 80 persen masyarakat Sampang menurut survei ini belum menentukan pilihan. Jadi peluangnya sangat besar untuk mengajak masyarakat dukung pak Jokowi," ungkap Khofifah.

5. JKSN sasar NU kultural

Deklarasi JKSN di Sampang, Khofifah Ajak Masyarakat untuk IniDok IDN Times/Istimewa

JKSN sendiri sejak awalnya dirancang untuk bergerak di wilayah Nahdliyyin kultural. Sasaran utamanya adalah kiai pesantren, santrinya juga wali muridnya. JKSN tidak akan menjamah kalangan elitis NU atau NU struktural.

"JKSN harus bersinergi dengan tim lain pendukung Jokowi, misalnya TKD dan yang lain," kata Khofifah.

Baca Juga: Soekarwo dan Khofifah Kompak Hadiri Apel Pemenangan NasDem, Ada Apa?

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya