Warga Jember Tertangkap Curi Sapi, Dimasukkan ke Mobil

Sapi dimasukkan ke mobil hidup-hidup

Jember, IDN Times - Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Jember mengamankan komplotan pelaku pencurian sapi yang dimasukkan ke dalam mobil Daihatsu Espass. Modus pencurian sapi menggunakan mobil, memang membuat hewan curian tidak terlihat saat di dalam kendaraan. Dalam kasus ini, sapi dimasukkan hidup-hidup ke dalam mobil. Seluruh bagian kursi mobil tersebut sudah diambil sehingga sapi bisa masuk.

1. Polisi curiga

Warga Jember Tertangkap Curi Sapi, Dimasukkan ke MobilPencurian sapi menggunakan mobil di Jember. IDN Times/Istimewa

Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Aryawiguna mengatakan, kedua pelaku yakni AY (38) warga warga Dusun Sasi Sumberlotoh Kelurahan Sukosari, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember.

Pelaku kedua, yakni M, (51) warga Dusun Lengkong Kecamatan Sukowono. Penangkapan dan pengungkapan pelaku pencurian sapi itu, bermula saat polisi melakukan patroli di malam hari.

"Petugas mencurigai adanya sapi yang diangkut dengan mobil minibus jenis Daihatsu Espass warna hijau di sekitaran wilayah Kabupaten Jember pada hari Kamis dini hari tanggal 27 Januari," kata Komang saat ungkap perkara di Polres Jember, Jumat (28/1/2022).

2. Sapi dimasukkan ke mobil

Warga Jember Tertangkap Curi Sapi, Dimasukkan ke MobilPencurian sapi menggunakan mobil di Jember. IDN Times/Istimewa

Saat tertangkap basah membawa sapi, hasil penyelidikan polisi, sapi tersebut akan dibawa dan diturunkan masuk ke kandang sapi milik tersangka B. Dari kandang tersebut polisi menemukan 6 sapi hasil curian, sehingga total ada 7 ekor.

Tersangka B merupakan penampungan sindikat pencurian sapi di daerah Kecamatan Mumbulsari, Jember.

"Di kandang tersebut ternyata sudah ada 6 ekor sapi yang diduga merupakan hasil curian. Sapi yang diangkut dengan minibus tersebut merupakan hasil curian di daerah Sukowono. Korban lain ada beberapa TKP di antaranya Kalisat dan di Situbondo," katanya.

Baca Juga: 6 Sentra Kerajinan Jember, dari Sangkar Burung hingga Batik Tembakau

3. Rusak pagar kandang korban

Warga Jember Tertangkap Curi Sapi, Dimasukkan ke MobilPencurian sapi menggunakan mobil di Jember. IDN Times/Istimewa

Komang mengatakan, sebelum tertangkap membawa curian sapi di mobil, tersangka AY sempat viral di media sosial, terkait seorang laki-laki dan seorang perempuan bersitegang di salah satu warung makan di Jember.

"Dan tersangka AY berada di dalam video tersebut," katanya.

Dari hasil pengembangan keduanya berkomplot. Pelaku AY dan M merupakan orang Sukowono. Polisi masih memburu dua pelaku lain yang terlibat dalam bisnis pencurian sapi.

Cara yang dilakukan kompolotan tersebut yaitu dengan merusak pagar kayu kandang sapi dan dituntun mengarahkan ke tempat sarananya pelaku yaitu kendaraan roda empat.

"Memang para pelaku ini indikasinya sindikat, kita masih mengejar dua DPO pelaku lainya," ujarnya.

Dan terhadap para tersangka tersebut polisi menjerat dengan pasal 363 ayat 1 KUHP pencurian dengan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara dan barang bukti yang diamankan 7 ekor sapi dan satu unit Minibus.

Baca Juga: Tega, Tetangga Sendiri Dalangi Pencurian Sapi di Kebumen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya