Survei PRC Pilkada Jember, Faida Masih Unggul Tipis

Meski unggul, selisih suara dari survei hanya 1,4 persen

Jember, IDN Times - Lembaga survei dan riset politik Politika Reseach and Consulting (PRC) melakukan survei untuk mengetahui siapa pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang memiliki elektabilitas tertinggi.

Hasilnya, pasangan 01, Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto unggul tipis dari Paslon 02, Hendy Siswanto dan Balya Firjaun Barlaman. Sementara Paslon 03, Abdussalam-Ifan masih tertinggal jauh.

1. Paslon 01 dan 02 hanya selisih 1,4 persen

Survei PRC Pilkada Jember, Faida Masih Unggul TipisElektabilitas Paslon pada Pilkada Jember dari survei lembaga PRC. Responden ditanya dengan close option tanpa menunjukkan foto dan nama Paslon. IDN Times/Istimewa

Manager Program PRC Arif Prio Wicaksono, dalam pernyataan siaran pers mengatakan, dari hasil survei kepada 500 responden yang tersebar secara proporsional di 31 kecamatan Jember, Paslon Faida-Vian memperoleh suara 31,8 persen, sementara Paslon
Hendy- Firjaun mendapatkan 30,4 persen, atau hanya selisih 1,4 persen dari Paslon 01.

Terakhir, kandidat dengan nomor urut 3, Abdussalam-Ifan Ariadna Wijaya hanya memperoleh 11,4 persen. Sisanya 26,4 persen responden masih belum atau tidak menentukan pilihan.

"Terdapat 50 desa yang terpilih secara acak sebagai basis survei.
Metode survei yang digunakan adalah multi-stage random sampling, dengan confidence level sebesar 95 persen. Adapun rentang margin of error dalam survei PRC sebesar 4,5 persen," kata Arief dalam siaran pers yang berlangsung di Jember, Sabtu (5/12/2020).

2. Persaingan perolehan suara diprediksi ketat

Survei PRC Pilkada Jember, Faida Masih Unggul TipisBupati Jember Faida. IDN Times/Margith Juita Damanik

Dari hasil survei, diprediksi persaingan suara yang ketat antara Paslon 01 dan 02 bakal terjadi pada pemilu 9 Desember 2020 nanti. Keduanya dinilai masih memiliki peluang yang sama dalam memenangkan Pilkada 2020, dilihat dari selisih hasil survei yang unggul tipis.

"Selisihnya hanya 0,6 persen
sampai dengan 1,4 persen, baik inkumben Faida-Vian maupun penantang Hendy -Gus Firjaun sama-sama memiliki peluang yang besar," kata Direktur Riset PRC, Miftahul Munir.

Baca Juga: Disanksi Khofifah, Bupati Faida Tak Gajian Selama 6 Bulan

3. Sebanyak 16,6 persen responden belum menentukan pilihan

Survei PRC Pilkada Jember, Faida Masih Unggul TipisBupati Jember Faida (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Munir mengatakan, persaingan tersebut muncul dari 16,6 persen responden yang masih belum atau tidak menentukan pilihan.
Sementara, pada pertanyaan kemantapan pilihan terhadap pasangan calon, data menunjukkan masih besar kemungkinan responden merubah pilihannya.

"Ada 34,6 persen responden yang menyatakan masih mungkin berubah pilihannya. Namun juga terdapat 55,2 persen yang menyatakan pilihannya sudah
tetap atau mantap," kata Munir.

Survei PRC dilakukan pada 26 November 2020 hingga 2 Desember 2020. Dari sampel 500 responden yang yang tersebar di 31 kecamatan, masih ada 50 desa yang terpilih secara acak sebagai basis survei.

Untuk memastikan kualitas survei, pihaknya melakukan supervisi secara berlapis melalui
koordinator lapangan dan supervisor.

"Kami juga lakukan pengecekan responden sebesar 20 persen dari total responden,” ujarnya.

Baca Juga: Sempat Dimutasi oleh Faida, 367 Pejabat Jember Kembali ke Posisi Awal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya