Hari Ini, Menteri BUMN Akan Ikut Lari Susuri Kebun Kakao 

Ajang untuk mengenalkan potensi kakao Banyuwangi

Banyuwangi IDN Times - Menteri BUMN Rini Soemarno dijadwalkan mengikuti Sport Tourism Chocolate Glenmore Run, Chocolate Happy Cycling, dan Chocolate Jazz and Food Festival. Festival ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

1. Membuka acara sekaligus lari susuri kebun cokelat

Hari Ini, Menteri BUMN Akan Ikut Lari Susuri Kebun Kakao IDN Times/Vanny El Rahman

Rini dijadwalkan membuka Chocolate Glenmore Run, sekaligus ikut lari pagi menyusuri kebun Kakao, di Doesoen Kakao, Perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Sabtu (16/2).

"Bu Menteri Rini didampingi sejumlah pejabat BUMN akan hadir dalam Chocolate Glenmore Run, bahkan rencananya beliau akan ikut berlari bersama peserta," kata Kabag Humas Setda Banyuwangi, Djuang Pribadi.

Dia melanjutkan, Rini bersama rombongan peserta akan mulai lari pukul 06.00 WIB. Ajang Chocolate Glenmore Run, meruapakan ajang lari kategori 5 kilometer dan 10 kilometer.

2. Bisa menikmati olahan cokelat

Hari Ini, Menteri BUMN Akan Ikut Lari Susuri Kebun Kakao IDN Times/Vanny El Rahman

 

Kompetisi lari tersebut akan diikuti 1.000 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Juga terdapat dua pelari asing asal Kenya yang turut bertanding dalam kompetisi ini.

"Para peserta akan menyusuri hamparan areal perkebunan kakao dan karet seluas 1.500 hektar. Selain menjelajahi kebun kakao sepanjang rute, para pelari bisa menikmati kuliner berbahan cokelat yang diolah penduduk setempat," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Banyuwangi, Wawan Yadmadi.

Baca Juga: Jerman Pertimbangkan Banyuwangi sebagai Penerima Hibah 150 juta Euro 

3. Berlangsung dua hari

Hari Ini, Menteri BUMN Akan Ikut Lari Susuri Kebun Kakao IDN Times/Istimewa

 

Ajang sport tourism ini, akan berlanjut digelar Chocolate Happy Cycling pada Minggu (17/2).
Ajang ini, pembalap akan melintasi rute sejauh 20,4 km dengan mengambil lokasi start dan finish yang sama,  yaiu di Doesoen Kakao.

“Lintasan yang akan dilalui peserta 80 persen offroad. Setelah melewati jalur mulus di jalan lintas selatan, mereka akan memasuki jalanan terjal dan berbatu di pinggiran perkebunan cokelat yang rimbun. Tantangan akan semakin berat pada 2 kilometer terakhir saat peserta harus menaklukkan rute menanjak dan beraspal yang licin,” terang Wawan.

 

4. Terdiri dari dua jenis kategori lomba

Hari Ini, Menteri BUMN Akan Ikut Lari Susuri Kebun Kakao IDN Times/Istimewa

Ajang ini terdiri atas 2 kategori lomba, yakni Racing (kompetisi) dan Gowes Happy. Untuk Racing, dibagi menjadi 4 kelompok, yakni  open (semua usia), Master A (usia 30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), dan master C (50 tahun ke atas). Sementara Gowes Happy terbuka untuk segala usia.  

Untuk memeriahkan aksi lari dan sepeda tersebut digelar pula Chocolate Jazz and Food Festival di kawasan tersebut selama dua hari, 16 - 17 Februari.

"Pastinya ini akan menjadi pengalaman yang unik menikmati musik jazz sembari menyesap kelezatan coklat tepat di tengah-tengah perkebunannya. Apalagi Glenmore merupakan kawasan perkebunan yang sejuk," kata Wawan.

Baca Juga: Rini Soemarno, Perjalanan dari Komisaris Perusahaan hingga Menteri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya