Baru Dipasang, Tempat Sabun Cuci Tangan di Alun-alun Jember Hilang

Fasilitas umum harus dijaga bersama

Jember, IDN Times - Sebuah tempat sekaligus sabun cair untuk cuci tangan yang dipasang Pemerintah Kabupaten Jember di kawasan Alun-alun hilang diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Kabar tersebut membuat masyarakat heran dan ramai di media sosial, sebab tempat sekaligus sabun yang disajikan untuk masyarakat umum tersebut baru dua hari di pasang pada Sabtu (21/3).

1. Baru dipasang sudah hilang

Baru Dipasang, Tempat Sabun Cuci Tangan di Alun-alun Jember HilangTempat sabun cair untuk cuci tangan hilang dan ramai di media sosial. IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jember, Gatot Triyono, membenarkan kabar hilangnya tempat sabun beserta sabun cair di wastafel yang baru dipasang.

"Jadi, bupati Sabtu malam pasang 6 titik tempat cuci tangan wastafel dengan menyiapkan tisu, sabun dan tempat sampah. Tujuannya untuk memberi fasilitas publik kepada masyarakat agar meningkatkan perilaku bersih dan sehat. Selama dua hari ini, ada yang hilang tempat sabun sak sabunnya hilang," kata Gatot, Selasa (24/3).

2. Berharap kesadaran warga saling menjaga

Baru Dipasang, Tempat Sabun Cuci Tangan di Alun-alun Jember HilangTempat sabun cair untuk cuci tangan hilang dan ramai di media sosial. IDN Times/Istimewa

Gatot berharap masyarakat bisa menjaga fasilitas yang disediakan untuk kepentingan bersama tersebut. Pemasangan fasilitas cuci tangan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat di tengah sebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

"Pertama, kesadaran warga, karena ini untuk kepentingan bersama untuk pencegahan Covid-19," ujarnya.

Dari persitiwa tersebut, fasilitas cuci tangan juga menjadi bagian yang dipantau oleh Satpol-PP Jember.

"Kemudian ada pantauan dari Satpol-PP, patroli, keramaian, Anak anak yang keluyuran. Kita harapkan kesadaran warga saling jaga barang yang untuk kepentingan bersama, karena petugas juga gak mungkin jaga 24 jam," ujarnya.

Baca Juga: IAIN Jember Produksi Hand Sanitizer untuk Dibagikan ke 100 Masjid

3. Bakal terus dipasang di tempat keramaian

Baru Dipasang, Tempat Sabun Cuci Tangan di Alun-alun Jember HilangTempat sabun cair untuk cuci tangan hilang dan ramai di media sosial. IDN Times/Istimewa

Fasilitas cuci tangan tersebut, kata Gatot bakal dipasang secara bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

"Kemarin di Pujasera, Pasar Tanjung ada 2, RTH Mangli, dan Pendopo, yang hilang mudah mudahan hanya satu. Hari ini sudah kita cukupi lagi. Ada rencana penambahan sudah disiapkan, seperti wastafel besar, bak dengan kran, kemungkinan di daerah keramaian," jelasnya.

Sejauh ini, fasilitas umum untuk cuci tangan tersebut selalu rutin diisi air sebanyak 3 kali dalam sehari. Sementara kebutuhan sabun cair juga terus dipantau.

"Kalau sabun habis langsung diisi, kalau air sehari sampai tiga kali, ada petugas isi air, sehari tiga kali. Pokoknya jangan sampai kehabisan," ujarnya.

Baca Juga: Langka, Hand Sanitizer di RSUD dr. Koesma Tuban Jadi Sasaran Pencuri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya