Waspada! Penipuan Catut Nama Ketua Komisi D DPRD Surabaya

Sang penipu menawarkan mobil loh rek !

Surabaya, IDN Times - Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah dikejutkan dengan adanya penipuan yang mengaku sebagai dirinya. Penipu tersebut menawarkan produk mobil dan motor dengan harga 40 persen lebih murah dari harga dealer, melalui pesan WhatsApp (WA).

1. Penipu menawarkan kendaraan dengan diskon

Waspada! Penipuan Catut Nama Ketua Komisi D DPRD SurabayaKetua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Khusnul mengatakan, awalnya dia tidak tahu jika ada orang mengaku dirinya yang ternyata adalah penipu. Dia baru tahu, setelah salah satu kerabatnya menghubungi untuk konfirmasi, apakah betul dia menawarkan kendaraan dengan diskon besar.

"Saat saya diberitahu, jelas saya kaget. Saya pastikan itu bukan dirinya. Beruntung kerabat saya itu kok konfirmasi saya dulu, jadi tidak bisa terkena bujuk rayu sang penipu," ujar Khusnul, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Hati-hati! Ada Penipuan Mengatasnamakan Eri Cahyadi

2. Penipu menggunakan foto profil milik ketua komisi D DPRD Surabaya

Waspada! Penipuan Catut Nama Ketua Komisi D DPRD SurabayaKetua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah sesaat usai rapat pansus Komisi D Senin (24/2). IDN Times/Tarida Alif

Penipu tersebut menggunakan nomor 0815361955276. Untuk meyakinkan calon korban, penipu tersebut menggunakan foto dirinya yang sedang duduk di kursi rapat DPRD Surabaya dengan memakai baju warna hitam dan kerudung abu-abu, lengkap dengan papan namanya yang berada di meja. 

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini mengaku, tidak tahu siapa saja yang telah dihubungi penipu tersebut. Untuk itu, jika ada yang dihubungi dengan menawarkan sesuatu, jangan percaya.

"Ada beberapa yang konfirmasi ke saya. Bahkan karena tahu itu bukan saya, teman saya sempat menggoda penipu tersebut dengan membalas chatnya dengan bahasa Arab," kata Khusnul.

3. Berharap tak ada korban lagi

Waspada! Penipuan Catut Nama Ketua Komisi D DPRD SurabayaKetua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah. IDN Times/Tarida Alif

Dia berharap, tidak ada orang yang menjadi korban. Sebab jika melihat kalimat yang digunakan, penipu tersebut sangat lihai merangkai kata. Dia memakai kata seolah-olah sangat akrab dengan calon korban yang dihubungi.

"Modus penipuan semacam ini sudah sering dilakukan. Saya berharap kolega saya berhati-hati jika menerima pesan semacam ini. Tidak hanya yang bergambar saya, tapi juga yang lainnya jika menggunakan nomor lain. Sebaiknya konfirmasi ke yang bersangkutan," tandasnya. 

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Penipuan Catut Nama Ketua DPRD Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya