Waspada! Modus Baru Penipuan Kasir di Minimarket Surabaya Terungkap

Ngasih perintah karyawan pula

Surabaya, IDN Times - Seorang pria berinisial ZAS (32) memperdaya pegawai minimarket Alfamart Jalan Pacar Kembang di Surabaya Jawa Timur (Jatim), Senin (27/5/2024) lalu. Mengaku sebagai manajer area minimarket hingga menggasak uang tersimpan di kasir Alfamart. 

1. Pelaku perpura-pura jadi manajer area

Waspada! Modus Baru Penipuan Kasir di Minimarket Surabaya TerungkapIlustrasi pembayaran di Minimarket (youtube.com/SARI CAHAYATI ICHA)

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Pol Hendro Sukmono menjelaskan, bahwa ZAS berkeliling dengan kendaraannya untuk mencari minimarket yang berpotensi dikelabuhi. Setelah menemukan target, ZAS akan masuk ke minimarket tersebut dan berpura-pura sebagai manajer area, memberikan perintah kepada karyawan.

"Tersangka berpura-pura sebagai manajer area untuk memberikan perintah kepada karyawan agar sibuk dengan tugas yang dia berikan," ujar Hendro pada Senin (24/6/2024).

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Dekat Kota Tua Surabaya, Banyak yang Legendaris

2. Mencuri uang tersimpan dalam kasir

Waspada! Modus Baru Penipuan Kasir di Minimarket Surabaya TerungkapIlustrasi pencurian di LPD Geriana Karangasem. (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketika karyawan minimarket sibuk dan lengah, ZAS beralasan ingin mengecek area kasir. Dalam kesempatan itu, ia mengambil sebagian uang dari kasir tanpa izin.

"Setelah itu, tersangka mengambil sebagian uang dari kasir tersebut tanpa izin," jelas Hendro.

Setelah berhasil mengambil uang, ZAS langsung meninggalkan minimarket tanpa pamit.

3. Polisi berhasil amankan pelaku

Waspada! Modus Baru Penipuan Kasir di Minimarket Surabaya TerungkapIlustrasi tersangka.pinterest

Setelah kejadian tersebut, pihak minimarket melaporkan insiden ini ke polisi. Beruntung, aksi ZAS terekam oleh CCTV minimarket, sehingga polisi bisa segera melakukan penyelidikan.

"Pada 20 Juni 2024 sekitar pukul 22.00 WIB, kami berhasil mengamankan tersangka ZAS di Jalan Bulak Cumpat Barat, Surabaya. Selanjutnya, anggota opsnal membawa tersangka dan barang bukti ke Polrestabes Surabaya untuk penyidikan lebih lanjut," pungkas Hendro.

Baca Juga: 5 Mall Dekat Bandara Juanda Surabaya, Ada yang Baru Buka Lho!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya