Warga Surabaya Temukan Mortir Saat Memperbaiki Tepian Sungai

Mortir langsung diamankan tim Gegana

Surabaya, IDN Times - Warga Surabaya menemukan sebuah mortir saat memperbaiki tepian sungai di Jalan Gubeng Kertajaya gang 8C, Senin (14/8/2023). Mortir tersebut ditemukan oleh Achmad Purnomo (37) warga Pasuruan. 

Kabid Darlog BPBD Kota Surabaya mengatakan, Mortil tersebut ditemukan oleh seorang pekerja Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) bernama Achmad Purnomo. Saat itu, Purnomo tengah melakukan perbaikan plengsengan sungai di Jalan Gubeng Kertajaya bersama rekan-rekannnya. Saat menggali sungai, tepat di belakang pos Kampling Purnomo menemukan barang yang mencurigakan. 

"Alhasil S Purnomo setelah melakukan penggalian dan menemukan barang yang mencurigakan berupa Mortil atau senjata Artileri," ujarnya. 

Purnomo kemudian memberitahu rekan-rekan yang dan mengangkat barang tersebut serta mengamankannya di area yang lebih aman. Setelah barang tersebut diamankan, Purnomo bersama rekan-rekannya langsung menghubungi 112. 

"Petugas kemudian melakukan pengamanan area lokasi sekitar untuk antisipasi hal-hal yang tidak di inginkan," pungkas dia. 

Sementara itu, Kapolsek Gubeng, AKP Rizky Santosa mengatakan mortir yang ditemukan Purnomo itu dalam keadaan utuh. Ia menduga mortir itu masih aktif. "Mortir yang masih utuh kita anggap aktif. (Sehingga) Prosedur nya didisposal (dimusnahkan)," ujar Rizky 

Pihaknya kemudian berkordinasi dengan tim Gegana Polda Jatim untuk melakukan pengecekan terhadap mortir tersebut. Tim Gegana yang tiba pukul 18.16 WIB itu kemudian melakukan pengamanan dan memeriksa mortir yang ditemukan.

Usai pemeriksaan, mortir tersebut diklaim merupakan sisa perang dunia ke dua. Mortir itu kemudian dibawa ke Mapolda Jatim. "(Mortir) langsung dibawa oleh tim Gegana. Untuk detail terkait mortirnya itu ranah Tim Gegana Polda Jatim," pungkas Rizky.

Baca Juga: Nelayan Lamongan Temukan Benda Mirip Mortir saat Melaut

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya