Warga Surabaya Diimbau Tak Buang Limbah Hewan Kurban ke Sungai

Warga bisa buang ke TPS atau beri tau 112

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya mengimbau masyarakat untuk tidak membuang limbah sisa sembelihan hewan kurban ke sungai. Hal tersebut untuk mencegah pencemaran lingkungan di sungai.

1. DLH sudah buat surat imbauan

Warga Surabaya Diimbau Tak Buang Limbah Hewan Kurban ke SungaiWarga memotong daging kurban di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya telah membuat surat edaran yang dikirim ke Kelurahan dan Kecamatan terkait imbauan untuk tidak membuang sisa sembelihan di sungai.

"Jadi kemarin sudah kita buat surat himbauan melalui kecamatan kelurahan untuk mau menyembelih sendiri untuk tidak diperkenankan membuang rumennya ke sungai," ujarnya, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga: MSAT Dititipkan di Rutan Medaeng Surabaya 

2. Warga boleh buang di TPS atau lapor 122

Warga Surabaya Diimbau Tak Buang Limbah Hewan Kurban ke SungaiIlustrasi (ANTARA FOTO/Armansyah Putra)

Jika tempat penyembelihan dekat dengan Tempat Pembuangan Sementara (TPS), warga diperkenankan untuk membuang sisa penyembelihan di sungai. Selain itu, warga juga bisa memberi tau petugas 112 untuk mengambil sisa penyembelihan.

"Kalau memang banyak, ditaruh saja di tempat yang tidak mengganggu kemudian bisa ke 112 atau DLH memberitahuakan, kita akan mengambil," tuturnya.

3. BPBD akan patroli di Sungai

Warga Surabaya Diimbau Tak Buang Limbah Hewan Kurban ke SungaiDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya akan melakukan patroli ke sungai-sungai yang ada di Surabaya selama Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Patroli tersebut guna melakukan pengawasan terhadap warga yang membuang sisa pemotongan hewan kurban ke Sungai.

"Penanganan sholat Idul Adha, kami akan keliling patroli di sungai-sungai diselesuri kemungkinan akan menjadi pembuangan kotoran-kotoran hewan kurban," kata Plt BPBD Surabaya, Ridwan Mubahrun,

Patroli dilakukan mulai hari ini, Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022). Pihaknya sudah menyiapkan 3 unit kendaraan untuk menyusuri sungai-sungai tersebut. "Ada 30 orang petugas," ujarnya.

Ia menambahkan, sungai-sungai yang akan dilakukan pengawasan yakni Sungai Warugunung, Sungai jagir ke timur, sepanjang sungai Kalimas (Jagir, Ngagel, keputran hingga JMP, Petekan) dan Kali Lamong.

Baca Juga: DLH Surabaya Klaim Kualitas Udara Surabaya Baik

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya