Viral Mahasiswa Unair Plagiat Tugas Kuliah, Kampus Beri Sanksi Pelaku

Pelaku dan korban buat klarifikasi bersama

Surabaya, IDN Times - Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan kasus plagiarisme tugas kuliah yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair). Mahasiswa tersebut bernama Safrina Putri Indira yang melakukan plagiarisme tugas kuliah sesama mahasiswa milik Putri Zahra.

1. Berawal ketika korban plagiasi mengungkap di X

Viral Mahasiswa Unair Plagiat Tugas Kuliah, Kampus Beri Sanksi PelakuPinterest

Terungkapnya kasus plagiat ini berawal ketika Putri Zahra membuat tweet di akun X-nya @wkwkingatmyself menuliskan, ada seorang mahasiswa yang juga merupakan selebriti kampus melakukan plagiarisme terhadap tugas kuliahnya. 

"ada bjir SELEB uner di kelas gue yang personal branding di instagram & tiktok keren, aktif berorganisasi, ikut banyak kepanitiaan, public speaking skills bagus, punya banyak relasi ke kating & dosen, tapi (PLAGIAT TUGAS GUE PLEK KETIPLEK CUMA GANTI NAMA DOANG))," tulis putri di akun tersebut. 

Tak berapa setelah mengunggah cuitan tersebut, cuitan itu ternyata ramai. Safrina Putri Indira kemudian menghubunginya dan meminta maaf. Safrina juga menjelasakan alasannya melalukan plagiasme. 

"dia minta maaf secara pribadi dan aku reply seperti ini. aku takut bgt karena circlenya spam wa dan telfon ke aku. buat yg tadi mention aku cuma nyari views dan nyebarin fitnah, aku ngga pernah punya niat seperti itu karena akun twitterku cuma buat aku sambat, tiba-tiba rame :((," tulis Putri. 

Putri juga meminta warganet agar tidak menghujat di akun media sosial milik Safrina. Sebab, Putri dan Safrina merupakan teman satu angkatan dan program studi. 

"aku takut bgt. ke depannya juga aku masih berhubungan sama dia karena kita satu prodi satu angkatan, dan sekelas. ga perlu berkomentar buruk di akunnya, aku takut bgt :((," tulisnya lagi. 

Baca Juga: Sebanyak 1.895 Calon Mahasiswa Unair Diterima Jalur SNBP 2024

2. FEB Unair keluarkan pernyataan sikap

Viral Mahasiswa Unair Plagiat Tugas Kuliah, Kampus Beri Sanksi PelakuUnair (unair.ac.id)

Tak lama setelah kejadian ini ramai, FEB Unair kemudian membuat pernyataan sikap. FEB Unair tidak mentolerir perbuatan tersebut dan telah memberi sanksi kepada mahasiswa yang telah melalukan plagiarisme. 

"Berkaitan dengan adanya pemberitaan di media sosial terkait dugaan terjadinya plagiarisme yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa pada Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR menyatakan sikap," ujar Koordinator Pusat Informasi & Humas FEB Unair Nur Aini Hidayati

 Adapun pernyataan sikapnya sebagai berikut:

1. Fakultas menjunjung tinggi etika akademik dan tidak mentolerir kecurangan dalam bentuk apapun, termasuk plagiarisme, sebagaimana telah tercantum dalam Peraturan Rektor No. 34Tahun 2019 tentang Aturan Berperilaku di Kampus Universitas Airlangga. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Pimpinan Fakultas telah melakukan pemanggilan terhadap mahasiswa-mahasiswa yang bersangkutan untuk melakukan klarifikasi serta mengumpulkan keterangan dan fakta yang sebenar-benarnya terkait kejadian tersebut.

3. Berdasarkan hasil klarifikasi, disimpulkan bahwa memang benar telah terjadi tindakan plagiarisme yang dilakukan salah seorang mahasiswa pada penyusunan tugas makalah pada satu Matakuliah tertentu.

4. Bahwa mahasiswa yang telah terbukti melakukan plagiarisme tersebut telah mendapatkan sanksi sesuai Peraturan Akademik yang berlaku.

5. Dengan telah diterbitkannya Rilis Pers ini, maka kasus ini dinyatakan telah selesai.

6. Dihimbau kepada seluruh mahasiswa dan civitas academica jika mengetahui dan/atau merasa dirugikan akibat plagiarisme untuk menyampaikan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaluisaluran resmi yang telah disediakan. 

3. Safrina Putri Indira dan Putri Zahra saling minta maaf

Viral Mahasiswa Unair Plagiat Tugas Kuliah, Kampus Beri Sanksi Pelakuhttps://images.app.goo.gl/UJg6BDxkztFDkt9E8

Safrina Putri Indira melalui akun Instagram miliknya @Safrina_putri mengunggah video permintaan maaf bersama Putri Zahra. Safrina mengatakan dia memohon maaf atas plagiasi yang telah dia lakukan kepada Putri Zahra dan siap menerima sanksi yang telah diberikan oleh fakultas.  

"Saya Safrina Putri hendak memohon maaf kepada rekan saya Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga karena telah mengakibatkan kegaduhan atas perbuatan yang telah saya lakukan. Saya mengakui bahwa saya telah melakukan plagiasi dengan ini secara tulus mohon maaf kepada rekan saya putri dan saya bersedia menerima sanksi yang telah diberikan oleh fakultas atas tindakan yang telah saya lakukan,"ujar Safrina. 

Sementara itu, Putri Zahra yang berada di sisi Safrina telah memaafkan tindakan plagiasi tersebut. Putri juga meminta maaf karena kurang bijaksana dalam menggunakan media sosial. 

"Saya putri Zara minta maaf karena telah menyikapi permasalahan ini dengan kurang bijaksana permasalahan ini merupakan pembelajaran untuk saya agar lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial. Saya berterima kasih kepada Safrina karena telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada saya, saya telah memaafkan tindakan plagiasi yang telah dilakukan oleh Safina, saya juga berterima kasih kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah menindaklanjuti permasalahan ini dengan baik," kata Putri. 

Di akhir video Safrina kembali menyatakan bahwa tindakan plagiarisme merupakan tindakan yang salah dan tidak dapat dibenarkan dalam kondisi apapun. Sebagai mahasiswa, seharusnya bisa mengerjakan tugas secara mandiri dan mencari referensi yang lebih valid serta dapat dipertanggung jawabkan. 

"Saya sangat menyesal atas kejadian ini saya atas nama pribadi berjanji akan menjadikan kejadian ini sebagai yang pertama dan terakhir kalinya pasti, saya dan Putri Zara mendapat banyak sekali pelajaran di dalamnya sekian dari kami sehingga terdapat salah kata kami mohon maaf," pungkasnya

Baca Juga: 57 Siswa Dapat Golden Ticket dari Unair, Peluang Lolos SNBP

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya