Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama Surabaya

Diresmikan sore nanti

Surabaya, IDN Times - Menjelang peresmian Kota Lama Surabaya pada Kamis (27/6/2024) sore, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Jawa Timur akan menggelar turnamen e-sport pertama yang memperebutkan Piala Wali Kota di Plaza Internatio. Turnamen ini diadakan pada 26-28 Juli 2024, dengan total hadiah mencapai Rp150 juta.

1. Turnamen e-sport untuk anak muda

Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama SurabayaWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan bahwa turnamen ini diadakan karena minat yang semakin besar dari anak-anak di Kota Pahlawan terhadap olahraga e-sport. Keputusan ini semakin kuat setelah pertemuan Eri dengan Ketua IESPA Surabaya Prakoso Setioputro, saat event Pesta Pora di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

“Sudah lama kami memikirkan kegiatan yang tepat untuk anak muda. Akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan turnamen E-Sport dengan Piala Walikota untuk warga Surabaya. Kami ingin menunjukkan bahwa pemuda Surabaya luar biasa dan bisa bersaing dengan kota lain,” ujar Wali Kota Eri, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: 6 Sleeper Bus Surabaya-Bali, Lengkap dengan Harga Tiketnya

2. Berbagai kategori peserta

Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama SurabayaEA Sports FC Mobile 2024 dengan perilisan patch edisi Euro. (esports.id)

Turnamen e-sport ini akan berlangsung di Plaza Internatio, kawasan Kota Lama Surabaya. Kategori peserta yang dibuka cukup luas, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp150 juta.

“Saya ingin anak muda menyadari pentingnya sejarah. Kita menggelar turnamen di Plaza Internatio, tempat yang bersejarah di mana Jendral AWS Mallaby tewas. Anak-anak muda harus mengingat sejarah Surabaya sebagai Kota Pahlawan,” ungkap Eri.

Dengan adanya turnamen ini, Eri berharap dapat memfasilitasi bakat dan potensi anak muda di Surabaya. “Di bulan Juli nanti, akan ada e-sport, DJ, dan dance. Tunjukkan kemampuan dan potensi kalian, raih hadiahnya,” ajaknya.

3. Soft launching Kota Lama Surabaya

Turnamen E-sport Meriahkan Peresmian Kota Lama SurabayaKota Lama Surabaya (IDN Times/Khusnul Hasana)

Selain turnamen e-sport, akan diadakan soft launching Kota Lama Surabaya sore nanti. Wali Kota Eri akan mencoba menikmati Kota Lama Surabaya dengan menggunakan Jeep sebelum peresmian pada 3 Juli 2024.

“Ada becak, sewa sepeda tua, dan sewa kostum. Kita akan cek semua sambil jalan, agar pengunjung bisa menikmati,” terangnya.

Kota Lama Surabaya tidak hanya dikelola oleh Pemkot Surabaya saja, tetapi juga melibatkan komunitas-komunitas. Eri berharap anak-anak muda dan komunitas bisa menghidupkan Kota Lama Surabaya.

“Saya menyediakan tempat untuk anak-anak muda dan komunitas agar bisa bergerak. Saya membayangkan kreativitas anak muda akan menghidupkan Kota Lama Surabaya. Surabaya adalah kotanya anak muda,” pungkasnya.

Baca Juga: 7 Kuliner Malam di Wonokromo-Surabaya, Pilihannya Banyak!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya