TPA Benowo Overload, DPRD Surabaya Usul Bangun Baru

Lahan yang cocok dimana ya ?

Surabaya, IDN Times - Anggota Komisi C DPRD Surabaya, Buchori Imron mengusulkan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru. Hal ini karena TPA Benowo disebut sudah melebihi daya tampung atau overload. 

"TPA Benowo itu kan batasan volume 1000 ton, sekarang yang diangkut ke Benowo kurang lebih 1500-1600 ton, kadang bisa 1700 ton. berarti kan overload," ujarnya, Sabtu (27/4/2024).

Sementara bea gerbang atau tipping fee TPS yang dikeluarkan pemerintah bila lebih dari 1000 ton, harganya juga akan lebih mahal. Hal ini pun akan menguras Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sampai ratusan miliar. 

"Biaya pengangkutan ke Benowo lebih besar, apalagi kalau yang dari Surabaya Timur, dari segi BBM saja sangat besar, jarak tempuh sangat jauh," kata dia. 

Menurutnya, hal ini bisa diatasi dengan pembukaan TPA baru. Apalagi pemerintah memiliki banyak lahan di wilayah Surabaya Timur. 

"Pemkot kan banyak lahan di timur tidak hanya barat maksud saya supaya tidak terlalu banyak sesuai target PTSU yang hanya 1000 ton, maka kelebihan itu bagaimana dicarikan tempat lain utamanya daerah timur. Kan lahan pemkot sangat banyak sekali," ungkapnya. 

Sembari mencarii TPA yang strategis dan memiliki luasan yang cukup, Buchori mengusulkan agar pemerintah sementara ini mencarikan lahan dengan luas satu sampai dua hektar terlebih dahulu. 

"Sambil cari yang sangat startegis dan luasan sangat cukup. Sementara yang ada aja dulu 1-2 hektar gak papa seadanya yang penting tidak terlalu menggerus anggran banyak. Tipping fee tidak nambah terus dan juga biaya BBM untuk pengangkutan ke Benowo terminimalisir," jelasnya. 

Pihaknya pun telah berdiskusi dengan Kepala Dibas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya tentang usulan pembangunan TPA baru. Hasilnya, saran tersebut diterima dan akan dilakukan kajian. 

"Cari yang tidak banyak pemukiman. Barat juga pemukiman bahkan berdampingan dengan stadion, kalau ada tamu dari luar bahkan mancanegara, kita harus menutupi bau sampah," pungkas dia.

Baca Juga: Benowo Banjir Puluhan Tahun, Pemkot Surabaya Bangun Box Culvert

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya