Tinggal Finishing, Wisata Pecinan Kya-kya Dibuka Pekan Ini

Asik bisa kulineran

Surabaya, IDN Times - Wisata pecinan Kya-kya Surabaya akan segera dibuka pada pekan ini. Wisata tersebut tingal dilakukan beberapa sentuhan terakhir saja. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, Iman Kristian Untuk tahap pertama, destinasi wisata pecinan Kya-kya akan dibuka mulai Jalan Kembang Jepun hingga menuju arah selatan ke perempatan Jalan Slompretan - Jalan Songoyudan atau sepanjang 250 meter. 
 
"Untuk hari Jumat dilakukan trial. Sedangkan openingnya masih dibicarakan, bisa dibuka pada Sabtu malam minggu. Pembukaan di tahap awal sampai Jalan Slompretan, nanti kita evaluasi sambil jalan," ujar Iman melalui keterangan tertulis, Selasa (6/9/2022). 

1. Ornamen-ornamen mulai ditambahkan

Tinggal Finishing, Wisata Pecinan Kya-kya Dibuka Pekan IniSuasana Kya-kya Surabaya di Sore hari, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Iman menerangkan, pihaknya akan memberikan beberapa sentuhan terakhir sebelum destinasi wisata pecinan kya-kya dibuka. Mulai dari memberi gambar mural, penataan pedestrian, memberi tempat duduk hingga penambahan lampion.
 
"Kalau ornamen yang ditambahkan seperti chinatown, kekinian. Ada beberapa spot juga yang kita mural dengan tematiknya china peranakan, tapi konsepnya lebih modern. Lampion dan umbul-umbul juga akan ditambahkan," katanya.

2. Ada 66 pelaku UMKM yang akan meramaikan Kya-kya

Tinggal Finishing, Wisata Pecinan Kya-kya Dibuka Pekan IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos menambahkan, bahwa untuk tahap awal, opening wisata pecinan kya-kya akan melibatkan sekitar 66 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tentunya UMKM yang terlibat lebih banyak menghadirkan kuliner khas pecinan.

 "UMKM nanti berasal dari wilayah setempat atau Kecamatan Pabean Cantian. Mungkin konsepnya nanti kita buat tempat duduk (stand) UMKMnya bersilang," pungkas dia.
 

Baca Juga: Wisata Kuliner Kawasan Kya-Kya Bakal Dihidupkan Lagi

3. Akan diintegrasikan dengan wisata perahu Kalimas

Tinggal Finishing, Wisata Pecinan Kya-kya Dibuka Pekan IniSuasana di area tunggu Wisata Perahu Kalimas, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Sementara, dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Wiwik Widayati mengatakan bahwa wisata kawasan pecinan ini nantinya akan diintegrasikan dengan wisata perahu Kalimas.

Dermaga wisata akan diletakkan di Kawasan Peneleh. Dengan begitu, pengunjung yang naik perahu dari Monumen Kapal Selam atau dari Taman Prestasi bisa langsung menikmati indahnya malam di kawasan Pecinan sambil menikmati chinese food.

"Jadi mulai alun-alun, menuju ke mana gitu. Kalau mau diterusin, itu nanti ada juga yang di peneleh, pandaian dan sebagainya," tandas Wiwik.

Baca Juga: Kya-kya Surabaya Dibuka Lagi, Akan Nyambung dengan Wisata Perahu Loh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya