Tahun Ini Embarkasi Surabaya Layani 5.400 CJH Lansia

Mereka mendapat layanan khusus

Surabaya, IDN Times - Embarkasi Surabaya akan melayani 5.400 calon jemaah haji (CJH) lansia. Mereka akan mendapatkan layanan khusus. 

Sekertaris Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embekarsi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini ada sebanyak 1758 lansia memperoleh layanan khusus. Lansia yang mendaftar pada 2019 bisa mengajukan percepatan. 

"Lansia ada afirmasi 1758 lansia memperoleh layanan khusus artinya bukan porsi 2012 tapi tahun 2019 11 Mei ke bawah bisa mengajukan percepatan melalui sistem," ujarnya. 

Dia menyebut, pelaksanaan ibadah haji tahun ini Embekarsi Surabaya menerima lansia dengan usia tertua yakni 109 tahun. Lansia tersebut berasal dari Ponorogo.

"Lansia tertua usia 109 tahun asal Ponorogo," ungkap Abdul Haris. 

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan mitigasi bagi jemaah lansia. Meraka akan di tempatkan dekat dengan pelayanan kesehatan, baik saat keberangkatan maupun kedatangan.

"Kemudian makannya kami komunikasikan dengan penyedia katering bilamana ada j$maah lansia yang betul-betul khusus membutuhkan pelayanan dalam makanan. Karena mungkin mohon maaf gizi tidak lengkap sehingga butuh makanan lunak," ungkap dia.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan mobil golf khusus untuk membawa lansia turun dari bus hingga tempat istirahat. Para lansia juga tak ikut prosesi, penerimaan melainkan langsung diarahkan ke tempat istirahat.

"(Kendaraan golf) Yang menyiapkan embarkasih memberi layanan khusus bagi lansia yang dari penerimaan tidak ikut melakukan proses penerimaan karena memang kami arahkan istirahat. Kami layani angkut dengan kendaraan golf," pungkas dia. 

Baca Juga: CJH Embarkasih Surabaya Pakai Layanan One Stop Service

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya