Tabrak Lari Ambulans Berlogo Demokrat Diselesaikan Restorative Justice

Katanya bukan punya demokrat

Surabaya, IDN Times - Kasus tabrak lari yang melibatkan ambulans berlogo Partai Demokrat yang terjadi di Jalan Simokerto pada Minggu (25/2/2024) lalu diselesaikan lewar jalur Restorative Justice (RJ).

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Arif Fazlurrahman mengatakan, sopir ambulans telah diperiksa. Hasilnya, tidak ada unsur kesengajaan dalam kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) tersebut. 

"Pengendara ambulans sudah diperiksa dan diambil keterangan. Tidak ada unsur kesengajaan pada saat terjadinya Laka, adapun yang bersangkutan melarikan diri karena panik khawatir dikeroyok orang banyak," ujar Arif kepada IDN Times, Rabu (28/2/2024)  

Kini, laka lantas dengan kerugian materil berupa lima sepeda motor tersebut diselesaikan dengan menempuh jalur kekeluargaan dan Restorative Justice. 

"Penyelesaian laka dann kerugian material ditempuh melalui jalur kekeluargaan dan Restorative Justice," terangnya. 

Pihaknya juga telah mengecek ke DPD maupun DPC Partai Demokrat. Hasilnya, ambulans bukan merupakan milik partai politik. 

"Sudah di-cross check ke DPP ataupun DPC salah satu partai yang ada di sby hasilnya, nihil," jelas Arif. 

Ambulans berplat nomor L-1890-AZ itu terdaftar atas nama sebuah yayasan. Saat itu, sempat digunakan oleh relawan untuk kegiatan kampanye politik. 

"Kendaraan atas nama yayasan, yang sempat dipakai oleh relawan untuk kegiatan kampanye pada saat masa kampanye lalu, Namun saat ini atribut-atribut partai dari ambulance tersebut sudah dilepas," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, mobil ambulans dengan logo Partai Demokrat diduga terlibat tabrak lari di Depan Depo Sidotopo Surabaya, Minggu (25/2/2024). Ambulans tersebut menabrak lima sepeda motor.

Ambulans berlogo Partai Demokrat tersebut diketahui oleh salah satu korban bernama Muhammad Arians (19). Ia menyebut, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu dirinya sedang minum kopi, kemudian ada ambulans berwarna dasar biru dan berlogo Partai Demokrat datang dari arah selatan ke utara dengan kencang.

"Itu ambulansnya (jalannya) kenceng, gak menyalakan sirine, (berjalan) dari arah Jalan Simokerto ke Jalan Sidotopo sini. Iya itu milik Demokrat, kelihatan logonya," kata Arians. 

Ambulans tersebut kemudian berbelok ke arah kiri. Kemudian, menabrak lima sepeda motor yang terparkir di jalan.

"(Di dalam mobil) itu dua orang, satu yang nyetir (ambulans), (satu lainnya) penumpangn, cuman pakai kaos dalam, (ambulans) enggak bawa jenazah," jelasnya. 

Warga yang melihat kejadian tersebut berusaha menghentikan ambulans. Namun, ambulans tersebut malah melarikan diri. 

"Tadi ada (warga) yang berhentikan, sampai nggeletak (terjatuh) ke jalan, ambulansya juga dipukuli sampai pecah kacanya tapi tetap kabur," ujarnya. 

Baca Juga: Ambulans Berlogo Demokrat Tabrak Lari 5 Motor di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya