Survei UMSurabaya: Prabowo-Gibran Unggul dari Ganjar-Mahfud

Survei ini melibatkan responden pemilih muda

Surabaya, IDN Times - Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah (UMSurabaya) telah melakukan survei pasangan calon di Pilpres 2024 berdasarkan responden pemilih muda di Jawa Timur.

Hasilnya, bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul atas Ganjar-Mahfud. Prabowo Gibran mendapat suara 35 persen, Ganjar-Mahfud 31 persen, dan Anies-Muhaimin 24 persen. Sementara 10 persen belum menentukan pilihan.

"Prabowo-Gibran unggul versi pemilih muda disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih yang tidak signifikan (4 persen) dan ada 10 persen pemilih muda di Jawa Timur belum menentukan pilihan soal Pilpres 2024," kata Radius Setiyawan peneliti utama PUSAD UMSurabaya pada Jumat (27/10/23). 

Radius mengatakan, survei dilakukan dengan mengambil populasi pemilih di Jawa Timur dengan umur 17- 40 tahun. Kerangka sampel atau sampling frame berasal dari populasi pemilih sesuai klasifikasi usia berdasarkan data KPU Jatim tahun 2024.

Radius menjelaskan, teknik pengambilan sampel memakai Multistage Random Sampling. Lokasi diambil di semua kecamatan di Jawa Timur, sebanyak 38 Kabupaten/Kota. Kemudian, masing-masing Kabupaten/Kota diambil 4-5 kecamatan untuk dijadikan sampel penelitian. Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di setiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian.

"Tim kami mengambil jumlah sampel sebanyak 1.075 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota. Margin tingkat toleransi standart of error atau d  3 persen dan tingkat kesalahan (α) penelitian ini adalah 5 persen. Semenatara itu proses wawancara dilakukan secara by phone menggunakan kuesioner oleh enumerator," jelasnya.

Radius berharap dari hasil yang dirilis oleh Pusat Studi Anti-Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) UMSurabaya ini, akan menjadi barometer mengawal jalannya demokrasi yang luber dan jurdil di Indonesia.

Baca Juga: Survei Indikator: Prabowo Lebih Unggul dari Ganjar dan Anies

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya