Survei Pilwali 2024, Eri Cahyadi Paling Populer

Ada nama Armuji, Ahmad Dhani sampai Fuad Bernadi

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi masih menjadi tokoh yang paling banyak mendapatkan dukungan maju kembali pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali)  Surabaya 2024. Hal tersebut berdasarkan survei yang telah dilakukan We Institut.

Direktur We Institut, Sugeng Siswanto mengatakan, dalam survei tersebut pihaknya memberikan pertanyaan kepada responden terkait popularitas dan tingkat kesukaan, hasil survei menunjukkan Eri Cahyadi merupakan sosok paling populer di Kota Surabaya. Kemudian diikuti Armuji, Ahmad Dhani hinga Fuad Bernadi. 

"Dari 16 tokoh yang ditanyakan popularitasnya, responden paling banyak mengenal Eri Cahyadi 99,80 persen, Disusul oleh Armuji 94,00 persen, Ahmad Dhani 90,49 persen, Fuad Bernadi 46,50 persen. Adapun tokoh lainnya memiliki tingkat popolaritas di bawah 40 persen," ujarnya saat konferensi pers, Senin (6/5/2024) 

Ketika masyarakat diminta memberikan penilaian terhadap 16 tokoh yang dikenalnya, Eri Cahyadi menjadi tokoh yang paling banyak disukai dengan 90,40 persen. Disusul setelahnya Armuji 85,50 persen Ahmad Dhani 43,60 persen  dan Fuad Bernadi 36,50 persen.

"Sementara tokoh lainnya memiliki presentase tingkat kesukaan publik di bawah 35 persen," jelasnya.

We Institut juga memberikan pertanyaan tertutup terkait dukungan terhadap 16 tokoh untuk menjadi Wali Kota Surabaya. Ketika nama masing-masing tokoh ditanyakan satu per satu kepada responden, Eri Cahyadi masih menjadi tokoh yang paling banyak mendapat dukungan untuk kembali menjadi Wali Kota dengan 61,80 persen lalu, disusul oleh Armuji dengan presentase 10 persen.

"Sedangkan, tokoh lainnya mendapatkan presentase di bawah10 persen. Demikian, Armuji pun masih mendapatkan dukungan sebesar 52,90 persenuntuk kembali menjadi wakil wali kota disusul oleh Fuad Bernadi dengan presentase 10 persen. Sedangkan, tokoh lainnya mendapatkan presenetase di bawah 10 persen," terangnya. 

Survei yang dilakukan We Institut ini dimulai tanggal 17 hinggal 27 April 2024 dengan sampel responden tersebar secara proposional pada 100 kelurahan dari seluruh 31 Kecamatan di Kota Surabaya. Tujuan survei ini adalah untuk mengetahui persepsimasyarakat tentang kinerja pemerintah dan dinamika politik Kota Surabaya menjelangPemilihan Walikota Surabaya pada Pilkada 2024.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1000 responden yang dipilih menggunakan sampel acak bertingkat atau mutltistage random sampling dengan Margin of Error (MoE) 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Mengingat kota Surabaya merupakan salah satu kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi tentu dinamika politik, pemerintahan, dan pembangunannya pun akan menarik untuk dilakukan survei.

Baca Juga: Eri-Armuji Akan Daftar Bacawali ke Semua Parpol

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya