Surabaya Kini Punya Bank Sampah Induk, Bisa Tampung 150 Ton per Hari

Sampah masuk TPA bisa dikurangi

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya kini telah memiliki bank sampah induk yang baru diresmikan, Jumat (1/9/2023). Bank sampah tersebut dapat menampung 150 ton sampah kering. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bilang, Bank Sampah Induk yang terletak di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya dapat mengurangi sampah plastik di Surabaya masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Sebab, sampah rumah tangga akan terpilah untuk kemudian dijual ke bank sampah RW lalu ke Bank Sampah Induk. 

“Dengan ini (Bank Sampah Induk) akan ada sampah yang dipilah dari rumah yang diserahkan ke bank sampah RW, setelah itu dijual ke sini dengan harga yang sama,” ujar Eri. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan dalam pelaksanaannya bank sampah induk ini berkolaborasi dengan Yayasan Bina Bakti Lingkungan yang sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu. Mereka kemudian ditarik untuk mengembangkan dan melebarkan sayapnya menjadi Bank Sampah Induk Surabaya. 

"Bank Sampah Induk yang dikelola yayasan ini sudah memiliki 254 bank sampah unit atau binaan yang terdiri dari 116 bank sampah di unit kampung atau RT-RW, kemudian 118 bank sampah di sekolah-sekolah, lalu 20 unit bank sampah di kantor instansi dan telah mengumpulkan sekitar 70 ton per bulannya," kata Agus Hebi. 

Oleh karena itu, dengan adanya gedung baru ini diharapkan mereka ini dapat mengumpulkan dan menjual sampah kering dua kali lipatnya, yaitu sekitar 150 ton perbulannya. Dengan cara itu, maka bank sampah induk ini diharapkan dapat mengurangi sampah di Kota Surabaya.

"Nah, untuk karyawan yang bekerja di Bank Sampah Induk Surabaya ini diambil dari gamis di sekitarnya. Kalau sebelumnya sudah bisa mempekerjakan 15 orang, maka kemungkinan nanti akan bisa nambah 15 orang lagi yang kita pekerjakan di sini. Jadi, ini untuk mengurangi sampah dan juga untuk mengentas kemiskinan di Kota Surabaya," pungkasnya. 

Baca Juga: 300 Bank Sampah di Bandung Bisa Tukar Sampah Jadi Emas 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya