Surabaya Bakal Punya Dua Rumah Sakit Lagi di Selatan dan Utara

Masuk RPJMD

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun dua rumah sakit umum daerah (RSUD). Rumah sakit itu bakal berada di kawasan Surabaya Utara dan Surabaya Selatan.

1. Pembangunan RSUD masuk RPJMD 5 tahunan

Surabaya Bakal Punya Dua Rumah Sakit Lagi di Selatan dan UtaraWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, rencana pembangunan dua rumah sakit tersebut sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJMD) Kota Surabaya lima tahunan. Dalam RPJMD tersebut, selama jangka 5 tahun Pemkot Surabaya berencama membangun 3 rumah sakit yang berada di timur, selatan dan utara.

“Alhamdulilah dalam tiga tahun saja sudah membangun 1 rumah sakit di Surabaya Timur. Fokus kita ada di RPJMD yang tiap 5 tahunan tetapi harus terpotong dua tahun. Seharusnya kalau lima tahun, bisa ada 3 rumah sakit yang terbangun," ujar Eri, Minggu (2/6/2024). 

Baca Juga: Senja Surya 3.0, Dongkrak Pendapatan Pasar di Surabaya

2. Dua rumah sakit sudah terbangun

Surabaya Bakal Punya Dua Rumah Sakit Lagi di Selatan dan UtaraWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Tiga rumah sakit tersebut yakni, RSUD Surabaya Timur yang kini dalam tahap pembangunan, RSUD Lapangan Tembak yang dulu pernah menjadi rumah sakit darutat COVID-19 dan RSUD Surabaya Selatan. 

"Kami mendapatkan masukan dari semua pihak, jadi bentuknya sangat bagus untuk membuat rumah sakit. Selain itu, kita akan bekerjasama dengan yang lainnya untuk lapangan tembak," ungkapnya.

3. Pembangunan dilakukan bertahap

Surabaya Bakal Punya Dua Rumah Sakit Lagi di Selatan dan UtaraEri Cahyadi saat mengecek Rumah Sakit Surabaya Timur. (Dok Diskominfo Kota Surabaya)

Eri memaparkan, pembangunan RSUD baru itu akan dilakukan secara bertahap. Di tahun 2025, pihaknya akan mulai membangun RSUD Surabaya Selatan. Kemudian dilanjutkan pembangunan RSUD Surabaya Utara di tahun 2026.

"RSUD Surabaya Selatan ada di daerah sekitar Wiyung dan Karangpilang. Sudah ada tiga pilihan tempat yang insyaallah masih kita perhitungan. Anggaran 2025 sudah kita masukkan, tidak berbeda dengan RSUD Surabaya Timur," ujarnya.

Di samping itu, pemkot akan melengkapi peralatan dan layanan kesehatan di setiap RSUD. Seperti misalnya di RSUD Dr. Soewandhie Kota Surabaya sudah menjalankan layanan kemoterapi. 

"Sehingga kita berharap rumah sakit di Surabaya itu lengkap, alatnya, ada semuanya. Jadi apa yang tidak ada di Soewandhie akan diadakan di RSUD Surabaya Selatan, nanti yang tidak ada di RSUD Surabaya Selatan akan kita adakan di RSUD Surabaya Timur," pungkasnya.

Baca Juga: Sejumlah Orang Diduga Suporter Ingin Bikin Kericuhan di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya