Soal Jemaah Haji Madura Viral Jual Rujak, Ini Kata PPIH

Dipastikan bukan jemaah haji

Surabaya, IDN Times - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya buka suara soal viralnya video diduga jemaah haji asal Madura yang berjualan rujak di tanah suci. PPIH Embarkasi Surabaya memastikan tak ada jemaah haji asal Madura yang jualan rujak.

1. Viral di media sosial Instagram

Soal Jemaah Haji Madura Viral Jual Rujak, Ini Kata PPIHilustrasi memegang gadget (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Video jemaah haji jual rujak itu diunggah oleh akun Instagram @inijawatimur. Dalam postingan tersebut, terlihat seorang perempuan menggunakan kerudung putih dan pakaian seperti daster tengah ngulek rujak di atas cobek, perempuan tersebut dibantu perempuan lain yang memakai baju putih layaknya jemaah haji. 

Di depannya terlihat ada banyak pria yang tengah duduk menggunakan pakaian ihram. Mereka terlihat sedang menunggu rujak yang sedang diulek. 

"Jemaah haji asal Madura berjualan rujak di Arab Saudi," tulis postingan tersebut.

Baca Juga: 33 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

2. Yang berjualan rujak orang Madura sudah tinggal di Arab Saudi

Soal Jemaah Haji Madura Viral Jual Rujak, Ini Kata PPIHJemaah haji diduga jual rujak di Mekkah. (Instagram/@inijawatimur)

Menanggapi hal ini, Sekertaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, yang berjualan rujak bisa saja orang Madura asli yang kebetulan sudah tinggal di Mekkah. Mereka berjualan rujak di sekitar hotel saat musim haji berlangsung. 

"Cobeknya orang Madura yang mungkin tinggal di sana. Kalau sudah musim begini, teman-teman Madura itu jualan di luar hotel. Ketika di luar hotel kemudian ada orang Madura lama gak nguleg kepengin nguleg," ujarnya ditemui di Asrama Haji Surabaya, Jumat (21/6/2024). 

3. Jemaah haji hanya ngulek saja tak ikut jualan

Soal Jemaah Haji Madura Viral Jual Rujak, Ini Kata PPIHKreasi sajian rujak uleg di Festival Rujak Uleg 2024. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Kebetulan, ada jemaah haji yang saat itu membeli rujak. Kemudian, jemaah tersebut ingin ikut ngulek rujak. 

"Iya yang nguleg tok, bukan jualan. Di situ kan banyak orang jualan dari Madura di luar itu (jemaah haji), terus (jemaah haji itu) minta tak ulekne (saya ulekkan). Karena kepengin, lama gaknguleg di sana, ya nguleg," kata dia.

Kemudian, saat jemaah haji tersebut ngulek, ternyata ada yang usil merekam kegiatan tersebut. Kemudian, diunggah di media sosial dan diberi tulisan bahwa jemaah itu  haji asal Madura yang berjualan rujak. 

"Setelah ngulek dipotret dan ada yang usil, jemaah Madura nguleg rujak, sampai berita terakhir jemaah Madura jual rujak," pungkas dia.

Baca Juga: 10 Negara akan Berkunjung pada Pameran Makanan Terbesar di Surabaya 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya