Setelah PDIP, Eri-Armuji Daftar Bacawali ke PKB Surabaya

Satu-satunya yang mendaftar langsung

Surabaya, IDN Times - Setelah mendaftar diri sebagai bakal calon wali kota (Bacawali) ke PDIP Surabaya pada Kamis (2/5/2024) lalu, Eri Cahyadi dan Armuji mendaftar ke DPC PKB Surabaya, Minggu (5/5/2024). Ia pun disambut oleh Ketua DPC PKB, Musyafak Rouf. 

"Saya mendaftarkan diri melalui PKB Surabaya selain dari PDI Perjuangan. Saya sadar betul membangun Surabaya adalah keberhasilan semua pihak, semua pihak itu semua partai di DPRD Surabaya," ungkap Eri di kantor DPC PKB Surabaya. 

Eri mengatakan, pendaftaran tersebut juga karena dirinya memiliki kedekatan dengan PKB. Ia dan Musyafak pernah menimbah ilmu di tempat yang sama. 

"Cak Musyafak ini adalah santri Mas Yusuf Muhajir jadi batin kita sudah klik dari dulu. Kami kuatkan selain batiniyah juga jasmaninya," ujar Eri. 

Sementara itu, Musyafak mengatakan, setelah pendaftaran Eri-Armuji, DPC PKB Surabaya akan meneruskan ke DPP. Setelah surat rekomendasi dari DPP turun maka DPC akan menindaklanjuti sesuai tahapan Pilkada di KPU. 

"Setelah daftar disini nama Pak Eri dan pak Armuji, akan kita buatkan surat pengantar ke DPP untuk minta surat rekom. Setelah rekomendasi turun akan kita lanjutkan sesuai tahapan pilkada yang akan datang sesuai KPU, tentu tanggalnya akan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU," ungkap dia. 

Musyafak menyebut, setidaknya ada enam orang yang telah mendaftar Bacawali ke DPC PKB. Dari enam orang itu, hanya Eri dan Armuji pasangan calon yang mendaftar langsung ke DPC PKB, sementara sisanya mendaftar melalui online.

"Yang daftar enam orang, termasuk beliau berdua. Empat orang melalui link. Kami juga gak tahu tiba-tiba sudah isi di link itu," tuturnya. 

Menurutnya, pendaftar yang datang langsung ke DPC akan mempengaruhi rekomendasi dari DPP. Sebab, DPC hanya akan memberikan surat pengantar bagi calon yang mendaftar secara langsung. 

"DPP pasti akan mempertimbangkan ketika calon yang daftar online atau fisik, yang dibuatkan surat pengantar adalah mereka yang datang kemari. Kami tidak akan membuatkan surat pengantar melalui online, hanya melalui desk Pilkada kita," ungkapnya. 

Ketika surat rekomendasi dari DPP turun, DPP akan menginstruksikan DPC hingga ke tingkat ranting untuk mendukung calon yang direkomendasikan. 

"Saya yakin, Semua yang direkom DPP ke daerah-daerah secara otomatis ada instruksi secara khusus kepada seluruh pengurus DPC maupun tingkat ranting termasuk relawan harus mendukung, instruksi itu akan keluar ketika rekom ditunjukkan untuk si A atau si B," pungkas dia.

Baca Juga: PDIP Surabaya: Pendaftaran Bacawali Tutup Usai Eri-Armuji Daftar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya