Selain Eri-Armuji, Pasangan Bayu Airlangga-Dedi pun Daftar ke Nasdem

Bayu kembalikan formulir lewat timnya

Surabaya, IDN Times - Partai Nasional Demokrasi (NasDem) membuka pendaftaran bakal calon wali kota (Bacawali) Surabaya.  Selain nama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Wakilnya, Armuji, ada nama Kader Partai Golkar Bayu Airlangga dan Kader Partai Gerindra Hadi Dediansyah yang juga turut mendaftar. 

Eri Cahyadi dan Armuji mendaftar lewat DPD Partai NasDem Surabaya. Sementara Bayu dan Hadi mendaftar lewat DPW Partai NasDem Jawa Timur

1. Pendaftaran para calon ke Nasdem

Selain Eri-Armuji, Pasangan Bayu Airlangga-Dedi pun Daftar ke NasdemKetua Bappilu Partai NasDem, Prananda Surya Paloh memberikan arahan terkait Pilkada 2024 di NasDem Tower, Jakarta Pusat (28/5/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Nasdem Kota Surabaya Imam Syafi'i mengungkapkan, Bayu mendaftar pada Minggu (26/5/2024). Bayu mengutus timnya untuk mengembalikan formulir pendaftaran ke DPW NasDem Jatim.

"Terakhir kemarin Minggu (26/5/2024) Mas Bayu Airlangga dari Golkar, melalui timnya juga menyerahkan formulir pendaftaran sebagai Calon Wali Kota Surabaya di DPW Nasdem," kata Imam, Selasa (28/05/2024).

NasDem Jawa Timur menerima semua berkas pendaftaran para bakal calon. Nantinya, semua formulir Bacakada akan dibawa ke DPP NasDem melalui proses rapat pleno partai.

Baca Juga: Jadwal Kapal DLU Rute Surabaya-Lombok pada 28 Mei hingga 1 Juni 2024

2. Pemaparan visi misi DPP Nasdem

Selain Eri-Armuji, Pasangan Bayu Airlangga-Dedi pun Daftar ke NasdemBayu Airlangga (paling kanan) dalam Rakerda Projo Jatim. (IDN Times/Agung Sedana)

Kemudian bila mereka dinyatakan Iolos, para bakal calon tersebut akan memaparkan visi misi ke DPP NasDem. Mereka akan dinilai berdasakar kapasitas, integritas dan elektabilitas 

"Nasdem juga mendengarkan keinginan warga Surabaya. Jadi gabungan (penilaian) itu yang akan menghasilkan satu orang atau dua orang sebagai pasangan untuk diberikan rekomendasi," jelasnya.

Saat ini, partai politik baik di tingkat daerah hingga nasional tengah melakukan komunikasi membahas Pilkada 2024. 

3. Komunikasi politik jelang pilkada serentak

Selain Eri-Armuji, Pasangan Bayu Airlangga-Dedi pun Daftar ke NasdemIlustrasi kampanye politik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saat ini, partai politik baik di tingkat daerah hingga nasional tengah melakukan komunikasi membahas Pilkada 2024. 

Komunikasi antar parpol tersebut dapat memberikan keputusan yang tepat dalam menerbitkan surat rekomendasi. Diperkirakan minggu depan, saat rapat pleno digelar, nama bakal calon kepala daerah dari Surabaya juga sudah ditentukan. 

"Elit-elit partai di DPP maupun di DPW, sudah melakukan komunikasi dengan partai-partai lain, itu juga menjadi pertimbangan tentu nanti apapun keputusan DPP Nasdem, saya yakin itu keputusan terbaik menurut partai NasDem," pungkas dia. 

Baca Juga: 20 Pedagang Kurban Mulai Ajukan Izin Jual ke DKPP Surabaya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya