Comscore Tracker

Sejumlah Perwira Polda Jatim Dirotasi

Mutasi sebagai bentuk penyegaran

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur kembali melakukan rotasi. Rotasi ini tertuang dalam surat Telegram Rahasia (STR) Nomor ST/ 330/ III/ KEP/2022 tertanggal 9 Maret 2022. Dalam telegram tersebut, tertulis sejumlah periwa utama (pama) hingga perwira menengah (pama) mengalami rotasi.

1. Humas Polda Jatim membenarkan

Sejumlah Perwira Polda Jatim DirotasiApel pasukan pengamanan Pilkada 2020 di Mapolda Jatim, Senin (7/12/2020). Dok. Humas Polda Jatim.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto membenarkan adanya surat telegram itu. Ia mengatakan bahwa mutasi adalah adalah hal yang biasa di tubuh Polri sebagai penyegaran.

"Benar, pada dasarnya mutasi adalah hal yang biasa di lingkup Polri. Hanya sebagai penyegaran organisasi," kata Kombespol Dirmanto, Kamis (10/3/2022).

2. Mutasi adalah untuk memelihara dinamika organisasi

Sejumlah Perwira Polda Jatim DirotasiForkompimda Jatim ketika lakukan pemantauan lalin Jatim pada hari keempat PPKM Darurat. Dok. Humas Pemprov Jatim

Polisi melati tiga itu menyebut bahwa mutasi bertujuan untuk memelihara dinamika organisasi. Meski begitu, ia berharap agar tetap terpelihara daya opsional yang handal dalam organisasi Polri.

"Sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai fungsi dan peranannya selaku pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat serta sebagai penegak hukum yang professional," tururnya.

3. 14 perwira mengalami mutasi

Sejumlah Perwira Polda Jatim DirotasiApel Pasukan Operasi Ketupat 2021, Rabu (5/5/2021). Dok. Humas Polda Jatim.

Adapun perwira yang mengalami mutasi adalah sebagai berikut:

1. Jabatan Kasubdit Bhabinkamtimas Dir Binmas Polda yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Mochamad Fathoni akan diganti AKBP Herawaty yang sebelumnya sebagai perwira menengah Polda Jatim, sementara AKBP Mochamad Fathoni akan dimutasi sebagai Pengembang Teknologi Informasi Kepolisian Muda tk II Polda Jatim.

2. AKBP Nurhadi yang sebelumnya menjabat Gadik Madya 17 SPN Polda Jatim bergeser jadi Analis Kebijakan Bidang Gadik.

3. Jabatan Kanit II Tol Satelit yang sebelumnya dijabat oleh AKP Sigit Indra kini akan digantikan oleh AKP Ega Prayudi yang sebelummya menjabat sebagai Wakapolsek Sawahan. Sementara AKP Ega sendiri akan menjabat sebagai Kasubbag BBMP Bagbekum Rolog Polda Jatim.

4. Jabatan Wakapolres Trenggalek yang sebelumnya dijabat Kompol Heru Dwi Purnomo kini akan diganti oleh Kompol Haryanto, sebelumnya menjabat sebagai Kasi Standar Cegah dan Tindak Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim, sementara Kompol Heru akan menjabat sebagai Kanit Perdagangan dan Karantina Subdit I Ditreskrimsus Polda Jatim.

5. Jabatan Wakapolres Lumajang yang sebelumnya dijabat Kompol Kristyan Beorbel Martino kini akan diganti oleh Kompol Andi Febriyanto yang sebelumnya menjabat Auditor Itbid Itwasda Polda Jatim. Sementara Kompol Kristyan bergeser ke Analis Kebijakan Pertama Ditlantas Polda Jatim.

6. Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya AKP Agung Kurnia Putra akan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Tulungagung. Selain itu, AKP Gananta yang sebelumnya Kanit I Satreskoba Polrestabes Surabaya menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Tuban.

7. Kanit Tipiddek Satreskrim Polrestabes Surabaya AKP Gondam menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Mojokerto.

8. Di tingkat Polsek, ada Kompol Rini Pamungkas yang sebelumnya Kapolsek Wonokromo kini bergeser sebagai Kasi Tatib Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim. Sementara Kompol Rini akan digantikan Kompol Riki Donaire Piliang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Tenggilis Mejoyo.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya