Sehari, Sungai Surabaya Hasilkan 25 Ton Sampah

Ini soal kesadaran warga membuang sampah

Surabaya, IDN Times - Sungai di Surabaya menghasilkan 25 ton perhari. 25 ton sampah ini didapat dari hasil saringan alat Mechanical Screening di seluruh pompa air di sungai Surabaya. 

"Kalau sungai itu 25 ton rata-rata per hari. Kalau musim hujan bisa lebih, kalau musim kering lebih sedikit," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, ditemui di Balai Kota Surabaya, Rabu (1/2/2023). 

Untuk mengurangi sampah plastik di sungai, pihaknya telah membuat Perwali tentang pengurangan kantong plastik di tempat belanja. Bank sampah juga digencarkan. 

"Kita perluas 3R (Reduce, Reuse, Recyle), wilayah 3R kita tambah. Ini nanti bisa mengurangi sampah empat ton per hari," ungkap dia. 

Bukan cuma itu, pihaknya juga bakal membuat peraturan agar rumah warga yang dekat sungai tidak membelakangi sungai, melainkan menghadap ke sungai. Hal ini agar ketika membuka pintu rumahnya, mereka dihadapkan langsung pada kondisi sungai. 

"Jadi, kita sudah ada geblak sungai namanya, gerakan balik kanan sungai. Tujuannya agar mereka tau kalau sungainya kotor," ungkap dia. 

Hebi juga menyebut, Kota Surabaya menghasilkan 1.800 hingga 2.000 ton sampah per hari. Yang masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 1.600 sampai 1.800. Sisanya sekitar 200 ton diolah oleh warga. 

"Paling banyak dari perumahan, cara menguranginya lewat pemberdayaan ya melalui SSC (Surabaya Smart City)," pungkasnya. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya