Sederet Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kota Surabaya Ke-731

Remeno rek!

Surabaya, IDN Times - Pada Mei 2024 ini Kota Surabaya memasuki usia 731 tahun. Ada beragam kegiatan yang bisa dinikmati warga Surabaya dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya ke-731. 

Salah satu rangkaiannya adalah ruwatan dan pegelaran wayang yang telah digelar Sabtu (4/5/2024) malam. Pelaksaksanaan ruwatan dan pagelaran wayang itu sukses menyedot perhatian publik. Pasalnya, para generasi muda ikut menyaksikan ruwatan dan pagelaran wayang. Bahkan, anak-anak muda itu sangat antusias saat memasuki prosesi Brayakan Gunungan, yakni saat penonton dipersilahkan untuk mengambil hasil bumi. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa ruwatan dan pagelaran wayang merupakan kegiatan pertama di Bulan Mei 2024 dalam menyemarakan HJKS ke-731. 

“Para penghayat mengadakan doa untuk Kota Surabaya di Tugu Pahlawan. Kedua, dilanjutkan dengan wayangan. Saya berterima kasih kepada para penghayat yang terus membangun Kota Surabaya dengan kegiatan wayang dan doa-doanya,” Kota Eri.

Ero menyebut,  terdapat beragam rangkaian kegiatan dalam menyemarakan HJKS ke-731. Di antaranya, Pengajian bersama Gus Iqdam pada 10 Mei 2024 di Balai Kota Surabaya, Festival Rujak Uleg pada 19 Mei 2024 di Balai Kota Surabaya, Pengajian Akbar bersama Habib Syech di Tugu Pahlawan pada 24 Mei 2024, dan Surabaya Vaganza atau Pawai Bunga mulai dari Tugu Pahlawan hingga Alun-alun Surabaya pada 26 Mei 2024.

“Setelah itu juga ada pertunjukkan musik pada tanggal 7 Mei 2024 di Balai Kota Surabaya dengan mendatangkan bintang tamu, Gilga Sahid. Ini untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya untuk warga Kota Surabaya. Jadi, ayo datang meramaikan semua acara,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemkot juga telah menghelat Surabaya Shopping Festival (SSF) 2024 yang digelar lebih awal, pada 15 Maret - 14 April 2024. Selain untuk menyambut HJKS ke-731, SSF turut menyemarakkan momentum Ramadhan hingga libur Lebaran 2024.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Korea Murah di Surabaya, Incaran Anak Muda, nih!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya