Santri di Surabaya Kepincut Dana Abadi Pesantren Prabowo-Gibran

Mereka siap memenangkan Prabowo-Gibran

Surabaya, IDN Times - Sejumlah orang yang menamakan diri sebagai kelompok Santri Milenial Surabaya memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Jumat (27/10/2023). Mereka kepincut pada program dana abadi pesantren yang diusung Prabowo-Gibran saat deklarasi. 

Kordinator Santri Milenial Surabaya Iskandar mengungkapkan, program dana abadi pesantren adalah program yang ditunggu-tunggu oleh pondok pesantren (Ponpes). Menurut mereka, program tersebut cukup mewakili kaum santri. 

"Program ini sangat mewakili kami para santri dan santriwati. Ini wujud kepedulian pasangan Pak Prabowo dan Mas Gibran pada santri seperti kami," kata dia.  

Iskandar memastikan pada pemilihan presiden (pilpres) nanti, Santri Milenial Surabaya akan siap memberikan dukungan penuh pada pasangan ini. 

"Kami tak lupa mengucapkan selamat pada mas Gibran Rakabuming Raka yang telah menjadi cawapres Pak Prabowo dan menjadikan Dana Abadi Pesantren sebagai program unggulannya," katanya.

Sambutan baik pada program dari pasangan Prabowo-Gibran itu juga datang dari Pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang, Zahrul Azhar atau Gus Hans. Ia mengaku mendengar sendiri pidato Gibran tentang program dana abadi pesantren dan dia merasa terharu. 

"Saya sebagai komunitas pesantren merasa diistimewakan terhadap pendekatan yang sangat impresif terhadap kaum santri," ujar Gus Hans. 

Gus Hans mengatakan, dana abadi pesantren memang sudah diatur dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Menurutnya, program yang diusung Prabowo-Gibran itu lebih pada percepatan dan realisasinya. 

"Memang dalam pelaksanaannya bersentuhan dengan peraturan undang-undang yang lain, karena kan pesantren tidak hidup dalam dunia hampa tapi berkaitan dengan Kementrian yang lain, maka di dalam eksekusinya harus ada penyesuaian dengan peraturan yang sudah ada," terang dia. 

Dari yang ia tangkap pada pidato Gibran adalah, pasangan calon tersebut akan melakukann percepatan dan akselerasi dana abadi pesantren. Ia yakin benturan-benturan peraturan dana abadi pesantren akan diatasi dengan baik oleh Prabowo-Gibran. 

"Sehingga dana abadi itu tidak hanya selesai di undang-undang saja tapi segera dirasakan para santri dan masyarakat semua," pungkas dia. 

Baca Juga: Relawan Gibran Berkopiah Incar Suara NU Menangkan Prabowo-Gibran

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya