Sambut AFC U 20 2023, Pemkot Pasang 15 Titik Wifi di GBT

Sejumlah titik wifi dipasang pada tempat peliputan media

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya terus ngebut perbaikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya jelang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14 September 2022 mendatang. Saat ini, Pemkot sedang memasang 15 titik wifi agar koneksi di GBT berjalan lancar.

1. Sejumlah titik wifi dipasang pada tempat peliputan media

Sambut AFC U 20 2023, Pemkot Pasang 15 Titik Wifi di GBTTribun Stadion GBT Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser mengatakan, pihaknya sudah memasang 15 titik Wifi di berbagai titik di Stadion GBT. Beberapa titik itu di pasang di tribun yang dikhususkan untuk awak media melakukan peliputan pada saat pertandingan. Bahkan, ke depan di daerah gawang itu juga akan dipasang kabel internet untuk awak media dan juga kameramen di tempat tersebut.
 
“Untuk akses Wifi ini akan kita atur, karena memang tujuan utamanya yang Wifi ini adalah untuk operasional pertandingan. Jadi, untuk operasional kita pakai Wifi dari kita, dan untuk penonton kita perkuat jaringan bersama para provider. Insyallah melalui cara itu, persoalan blank spot tidak akan terjadi lagi di GBT,” ujarnya.

Baca Juga: Gelora Bung Tomo dan Hal-hal yang Belum Selesai

2. Pemkot gandeng sejumlah provider

Sambut AFC U 20 2023, Pemkot Pasang 15 Titik Wifi di GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya setelah direnovasi. dok. Diskominfo Surabaya.

Pemkot Surabaya pun menggandeng sejumlah provider untuk mendukung internet di GBT. Provider tersebut diantaranya Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan provider lainnya.

"Jadi, kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman provider untuk bersama-sama memperkuat sinyal di sana, sehingga diharapkan nanti ketika pertandingan sedang berlangsung, tidak ada lagi masalah blank sinyal handphone," kata Fikser di ruang kerjanya, Kamis (1/9/2022).

Saat ini semua provider memasang perangkat tambahan untuk memperkuat sinyal di GBT itu. Bahkan, ke depan mereka juga berencana menghadirkan mobile combat yang merupakan transceiver dan bentuknya seperti mobil untuk memperkuat jaringan di GBT. "Jadi, seperti mobil sinyal gitu," ujarnya.

3. Pemasangan internet di GBT hampir selesai

Sambut AFC U 20 2023, Pemkot Pasang 15 Titik Wifi di GBTFoto udara saat malam hari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. dok. Diskominfo Surabaya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Surabaya Tri Aji Nugroho memastikan pemasangan perangkat dari para provider dan pemasangan Wifi di 15 titik di GBT sudah digarap semuanya, dan bahkan sudah banyak yang selesai.

"Kita targetkan dalam minggu ini semuanya sudah rampung, karena AFC kan akan mulai pada 14 September, sehingga kita terus kebut," tegas.
 
Setelah semuanya rampung, secara paralel akan dilakukan pengecekan kesiapannya dan bahkan melakukan uji coba pada saat pertandingan Persebaya melawan Bali United yang akan digelar di GBT pada hari ini, Jumat (2/9/2022).

"Jadi, yang paling penting kita sudah koordinasi dengan para provider dan mereka sudah memasang perangkatnya terlebih dahulu di GBT," kata dia.
 
Aji berharap dengan adanya perangkat tambahan dari para provider dan tambahan Wifi dari Pemkot Surabaya ini, dapat memperlancar seluruh pertandingan yang digelar GBT dan persoalan blank spot tidak lagi menjadi persoalan yang harus dikhawatirkan ketika memasuki GBT. "Insyallah ke depan akan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Jalan Menuju GBT

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya