Safari ke PKB, Sinyal Eri Cahyadi Minta Dukungan Pilwali Surabaya

Berharap bisa kerja sama di Pilwali 2024

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) safari politik ke kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Surabaya, Rabu (20/3/2024) malam bersama sejumlah perwakilan kader PDIP. Kunjungan tersebut disebut-sebut sebagai sinyal pendekatan Eri ke PKB untuk maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024. 

Meski begitu, Eri menampik kedatangannya itu untuk meminta dukungan ke PKB. Ia menyebut, kunjungan ke PKB adalah silaturahmi dan mengucapkan terima kasih karena selama ini turut mendukung Pemerintahan yang dipimpinnya. 

"Alhamdulillah kita silaturahim, saya sebagai wali kota didampingi teman-teman PDI Perjuangan ke PKB. Matur nuwun ketua DPC PKB Surabaya, karena pemkot tidak bisa sendirian, tapi selalu disuport partai lain. Salah satunya tonggak berdirinya adalah PKB, kemisminan turun, stunting turun, pengangguran turun tidak lepas dari saran dan arahan PKB," ujar Eri. 

Mengenai minta dukungan di Pilwali Surabaya, ia bilang masih akan melihat bagaimana ke depannya.

"Terkait Pilkada kita lihat ke depannya, sebagai wali kota, lembaga PDIP terima kasih dan silaturahim untuk ummat," katanya. 

Meski begitu, Eri tak menutup pintu bila nantinya PKB akan mendukungnya di Pilwali Surabaya 2024. Ia bahkan berharap agar kembali bekerjasama dengan PKB pada Pilkada mendatang. 

"Ya monggo InsyaAllah (berkoalisi dengan PKB). Kita lihat nanti. Silaturahmi hari ini tidak hanya membahas pilkada, tapi terima kasih peran serta ketua partai, silaturahmi yang dijalin berdampak besar untuk Surabaya. Semoga di Pilkada ke depan kita bisa berjuang bersama untuk kepentingan warga Surabaya," kata dia. 

Selain PKB, Eri juga berencana akan berkunjung ke sejumlah partai politik lain. PKB menjadi partai pertama yang ia kunjungi.

"Iya betul (kunjungan ke partai lain) tapi hari pertam kita ke PKB, nanti ke partai lain, ada jadwal ke partai-partai lain," pungkas Eri. 

Sementara itu, Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rauf mengatakan, PKB masih belum memberikan dukungan resmi kepada Eri di Pilwali Surabaya. Dukungan Pilwali Surabaya akan dilakukan melalui sejumlah tahapan.

"Kalau ditanya itu jawabannya masih koma, karena belum ada hitam dan putih yang belum diberikan oleh beliau. Nanti kalau kita sudah proses melalui tahapan tahapan ada DPP nya pantauan partai yang menghitung nanti kita yang kita sudah (beri dukungan)," tutur dia. 

Meski demikian, Musyafak menilai Eri sangat layak maju kembali di Pilwali Surabaya pada periode kedua. Ia bahkan memberi nilai 9,9 dari 10 atas kelayakan tersebut.

"Beliau sangat tanggap jika ada masalah misalkan banjir ada genangan cepat diselesaikan yang ada masalah masalah di tengah-tengah masyarakat, masalah kependidikan. itu Alhamdulillah masih muda, energi, juga solid, surabaya ini beda dengan Sidoarjo dan dengan yang lain, saya apresiasi luar biasa. Insyallah sangat layak (maju periode kedua?, saya menilai itu 9,9 dari 10," pungkas dia. 

Baca Juga: Bursa Pilwali Surabaya, dari Eri Cahyadi Sampai Ahmad Dhani

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya