RSUD Dr Soetomo Siaga Selama Masa Lebaran 2024

Sejumlah layanan buka 24 jam

Surabaya, IDN Times - RSUD dr Soetomo Surabaya siap siaga selama masa lebaran 2024. Sejumlah layanan pun buka selama 24 jam. 

Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Soetomo, Prof dokter Cita Rosita mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah tenaga medis selama masa lebaran. 

"Ini rutin setiap tahun sluruh direktorat terutama yanmed keperawatan dan penunjang medis, disupport SDM (Sumber Daya Manusia) dan umum operasional karena sarana prasarana harus standby, keuangan dan kepala unit 20 sekian dan kepala KSM 26-an siap menshare SDM yang standby hari ke hari," ujarnya. 

Layanan yang beroperasi selama 24 jam di antaranya, IGD, Instalasi Bedah Pusat (IBP) siaga 2 kamar Operasi, Ambulance 118 siaga 24 jam, rawat inap berjalan seperti biasa dengan cadangan 95 brankar, Radiologi dan CT Scan, pelayanan laboratorium, obat dan logistik medik, layanan gizi makanan pasien danpetugas,hingga ambulance Jenazah. 

Kepala IGD RSUD dr Soetomo Hardian Basuki mengatakan, di siaga lebaran ini ada 18 bidang minat atau spesialis yang standby di IGD dan satu bidang dokter umum. Akan ada sekitar 4-5 orang spesialis yang bakal berjaga. 

"Minimal 4-5 orang spesialis disana melayani berbagai level kompetensi dan dibantu perawat IGD dan resusitasi," ungkap dia. 

Hardian menyebut, pihaknya menyiagakan enam kamar operasi di IGD. Selain itu pihaknya juga akan menggunakan kamar operasi efektif bila jumlah pasien membeludak. 

"Enam kamar operasi di IGD untuk melayani kasus gawat darurat kalau misalnya kasus membludak dibackup dengan kamar operasi elektif, yang bisa dibuka kapan saja," kata dia. 

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Dr. Soetomo Mouli Edward mengatakan, biasanya kasus paling banyak saat lebaran adalah kasus metabolik. Seperti kasus liver dan diabetes. 

"(Kasus penyakit saluran pernapasan juga menjadi atensi) Iya ketemu cium-cium (dengan saudara)," kata dia. 

Baca Juga: Warga Surabaya yang Mudik Bisa Titipkan Kendaraan di Kantor Polisi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya