Ricuh, Ansor Tolak Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

Ansor anggap ceramah Ustaz Syafiq memecah belah

Surabaya, IDN Times - Kericuhan terjadi saat pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya menolak pengajian yang dihadiri Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya  Kamis (22/2/2024) pukul 18.30 WIB. Penolakan tersebut dilakukan karena Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah mereka nilai memecah belah umat.

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar, M Asyiqun nahdli mengatakan, alasannya menolak pengajian karena pihaknya tak ingin wilayah Gunung Anyar terpecah belah.

"Dan kami tidak ingin di wilayah kami tercoreng dan terpecah belah. Jadi Banser ini sebuah jembatan masyarakat. Kita hanya menjembatani," ujarnya kepada IDN Times. 

Ia menyebut, sebenarnya sebelum pengajian berlangsung GP Ansor Gunung Anyar telah mencegah pengurus masjid agar tidak menggelar pengajian yang mendatangkan Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah. Penolakan tersebut dilakukan saat pemberitahuan pengajian disebar pada dua hari sebelum kegiatan berlangsung. 

"(Pemberitahuan pengajian) diisebar H min dua (sebelum pelaksanaan). H min 2 langsung kita tolak," ujarnya kepada IDN Times. 

GP Ansor Gunung Anyar kemudian membawa pengurus masjid untuk datang ke Polsek Gunung Anyar. Mereka diminta untuk menandatangani perjanjian agar tidak menggelar pengajian. "(Isi perjanjian) untuk berhenti dan tidak dilakukan (pengajian). Akan tetapi tetap dilaksanakan," terangnya. 

Karena pengajian tetap dilaksanakan, GP Ansor Gunung Anyar kemudian bergerak ke masjid untuk menolak pengajian. Aksi saling dorong dan pukul antara GP Ansor dengan pengurus dan jemaah masjid pun terjadi.

"Perjanjian tersebut diingkari maka dari itu, teman-teman dari Banser tersulut serta ini tadi banyak teman-teman Banser yang teraniaya, teman-teman Banser ini banyak banget yang menjadi korban. Banyak banget yang dipukuli, karena jumlah mereka sangat banyak," kata dia. Atas penolakan itu, Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah pun tak sempat ceramah di masjid. Kejadian ini kemudian kondusif sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Ustaz Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar Asal ada Izin Polisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya